Kadispar Selayar Buka Kemah Konservasi dan Jambore Selam 2018

Selayarnews.com – Pembukaan Kemah Konservasi dan Jambore Selam oleh Kadis Kepariwisataan Kepulauan Selayar Andi Abdurrahman, SE., M.Si di Pulau Tinabo Kecamatan Takabonerate, Rabu lalu, (25/4/2018) berlangsung sekitar pukul 19.00 Wita. Event ini merupakan salah satu event yang masuk dalam Calender of Event 2018 Kabupaten Kepulauan Selayar, kerjasama Balai Taman Nasional Takabonerate, Dinas Kepariwisataan, serta komunitas POSSI Kepulauan Selayar.

Selain Kadis Kepariwisataan, ceremony pembukaan Kemah Konservasi dan Jambore Selam 2018 ini dihadiri oleh Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Kepala Balai Besar Lorelindu Sulawesi Tenggara, dan peserta Kemah Konservasi dan Jambore Selam yang berasal dari Kepulauan Selayar, Pulau Jawa, Sulawesi Tenggara, hingga mancanegara.

“Kita berharap tahun depan dengan event yang sama, tidak membatasi jumlah peserta dengan terbatasnya fasilitas yang ada. Semoga tahun depan kita bisa mencari solusi bersama. Terkhusus kepada panitia, kami bangga dengan kerja kerasnya hingga kemasan event ini begitu luar biasa,” ujar Kadis Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar Andi Abdurrahman, S.E., M.Si dalam sambutannya.

Event Kemah Konservasi dan Jambore Selam 2018 yang dimulai dari 25-28 April 2018 diikuti sebanyak 250 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

“Peserta tahun ini sebanyak 250 orang dan berasal dari Kepulauan Selayar sebagai tuan rumah, Makassar, Luwu Banggai, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Karawang, Duri, Malaysia, dan Perancis,” terang Ketua Panitia, Fahmi, dalam laporannya.

Sekadar diinformasikan, pembukaan Kemah Konservasi dan Jambore Selam diisi dengan penampilan tarian dari SDI Latondu dan Manca’ Pa’dang Desa Rajuni. Dilanjutkan dengan coaching clinic bersama P3E SUMA KLHK, CCRES, dan POSSI yang dipandu oleh Bayu dari Natgeo.

Selain itu ada beberapa rangkaian acara yang lain,diantaranya adalah transplantasi karang, fun dive and clean up, pemilihan duta karang, kampanye pengelolaan sampah pesisir dan plastik, beach clean up, dan penanaman pohon.

Reporter: Dianika Ariatami
Editor: Firman