Selayarnews.com – Sedikitnya 7. 697 Wajib KTP di Kabupaten Kepulauan Selayar terancam tidak dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pemungutan Suara Pilgub Sulsel pada 27 juli 2018 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Kepulauan Selayar hari ini Kamis 18/1 disela-sela kegiatannya mempersiapkan Coklit serentak 20-22 Januari 2018.

Menurutnya Kemungkinan tersebut dapat saja terjadi dengan mengacu pada regulasi yang ada, yakni dapat dilihat pada UU No 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, pasal 57 ayat (2) Dalam hal warga negara indonesia tidak terdaftar sebagai pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pada saat pemungutan suara menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Pasal61 ayat (1) Dalam hal masih terdapat penduduk yang mempunyai hak pilih belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap, yang bersangkutan dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Lebih lanjut Hasiruddin mempertegas bahwa hal tersebut diperkuat lagi pada PKPU RI No 2 tahun 2017 pasal 5 ayat (1)yang berbunyi ” untuk dapat menggunakan hak memilih dalam pemilihan warga negara indonesia harus terdaftar sebagai pemilih kecuali yang di tentukan lain dalam uu” ayat (2) pemilih sebagaimana di maksud pada ayat (1) harus memenuhi syarat : D. Berdomisili di daerah pemilihan yang di buktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik”. E. “Dalam hal pemilih belum memiliki ktp elektronik sebagaimana di maksud pada hurup D, dapat menggunakan Surat Keterangan yang di terbitkan dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat.

” Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) yang disampaikan pada Rapat Koordinasi penetapan jumlah penduduk dan jumlah kursi pada tanggal 07 Januari 2018, disebutkan bahwa masih terdapat 7.697 Wajib KTP yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar, belum memiliki KTP elektronik dan tidak memiliki surat keterangan dari Disdukcapil “, Jelasnya.

Untuk diketahui bahwa KPU Kepulauan Selayar telah menetapkan Jumlah Penduduk Kabupaten Kepulauan Selayar adalah 135.806 jiwa penduduk dan 96.331 jiwa diantaranya telah masuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu ( DP4). Data inilah yang akan jadi dasar kegiatan Pencocokan dan penelitian (Coklit ) untuk penentuan Data Pemilih.

***
As