<

Selayarnews.com – AbuTours, agen pemberangkatan haji dan umrah yang paling banyak memberangkatkan jemaah di beberapa tahun terakhir ini ikut dirundung masalah. Sejumlah jemaah umrah yang telah sebelumnya telah mendapatkan jadwal pemberangkatan sampai saat ini belum dapat diberangkatkan.

Kantor Abutours di Jalan A. P. Pettarani Makassar dan Jalan Haji Bau sampai beberapa hari lalu juga banyak didatangi jemaah Umrah dari berbagai daerah, bahkan sepasang suami istri asal NTB sempat mengamuk di kantor Abutours dikarenakan pihak Abutours tidak bisa memberikan kejelasan jadwal pemberangkatannya ke tanah Suci Mekah.

Menyikapi hal ini, CEO Abutours, Muh. Hamzah Mamba akhirnya mengeluarkan maklumat untuk para jemaahnya. Hamzah berdalih Perusahaan Travel miliknya tersebut ikut terkena image negative akibat banyaknya perusahaan agen haji dan Umrah yang lain yang bermasalah, ditambah lagi adanya ketentuan Pemerintah membuat kami tidak bisa bergerak, seperti pelarangan jual harga dibawah ketentuan Depag (Red : Kementerian Agama), membuat membuat kami sangat kesulitan, kata Hamzah.

Hamzah melanjutkan, kerugian Abutours alami sejak tahun lalu berawal dari masalah Qatar Airways, kemudian persoalan banyaknya perusahaan agen travel di Indonesia yang bermasalah, ditambah lagi kebijakan baru yang diterapkan oleh Kerajaan Saudi berupa Pajak Progresif sebesar 5%.

Seperti diketahui sebelumnya Qatar airlines di Boikot Pemerintah Arab Saudi menyusul konflik yang terjadi di Timur Tengah dimana Pemerintah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Negara Qatar. Hal ini menyebabkan penerbangan jamaah umrah Indonesia ke Saudi melalui Maskapai Qatar Airways tidak dapat dilakukan. Hal ini membuat sejumlah travel Haji/umrah di Indonesia pun terkena imbas.

Hamzah kemudian menekankan bahwa saat ini Abutours tetap berkomitmen memberangkatkan jamaah dari tanggal 5 Desember lalu melalui embarkasi Makassar.

‘Saya meminta kerjasama kepada Jemaah dan para agen, apabila kita mau bersama semua bisa berangkat, Tapi apabila tidak mau bekerjasama, kita akan sama dengan yang lain, gagal berangkat” keluh Hamzah.

Isi Maklumat CEO Abu Tours :

MAKLUMAT.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Para jamaah dan agen/mitra Abutours yang kami hormati.

Abutours berkomitmen akan tetap melayani pemberangkatan jamaah umrah yang telah mempercayakan rencana umrahnya kepada Abutours.

Hanya saja kami memohon maaf sebesar-besarnya karena beberapa kondisi dan kebijakan terkait umrah sehingga mengakibatkan Abutours terpaksa melakukan penundaan atau perubahan jadwal pemberangkatan.

Khusus terkait terbitnya kebijakan Aturan Kementerian Agama melalui Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus 2018 yang menetapkan harga standar minimal umrah Rp 20 juta.

Penetapan pajak progresif 5 persen oleh pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia.

Hal ini menyebabkan jamaah yang telah membayar paket umrah promo di bawah harga standar Kemenag agar menambah biaya, plus biaya pajak progressif.

Untuk itu bagi jamaah/agen yang mengambil paket promo wajib menambah biaya paket umrah yakni dengan opsi sebagai berikut :

  1. Menambah biaya paket Rp 6 juta dan mengajak 2 jamaah baru dengan harga paket Rp 21 juta.
  2. Menambah biaya paket Rp 10 juta dan mengajak 1 jamaah baru dengan harga paket Rp 21 juta.
  3. Jika jamaah/agen yang telah mendaftar dan tak mengajak jamaah baru maka wajib membayar paket Rp 15 juta dan berhak mendapatkan bonus voucher umrah 3 lembar dengan nilai per voucher Rp 5 juta.

Pembayaran penambahan biaya tidak dilakukan di Abutours tapi melalui rekening scorrd accord bank mitra untuk menjamin keamanan dana jamaah dan kepastian pemberangkatan setelah penambahan biaya.

Bagi jamaah yang bersedia melakukan penambahan biaya dan mengajak jamaah baru akan langsung diberangkatkan dalam kurun waktu 4-7 hari setelah penambahan.

Sedangkan jamaah yang tak bersedia menambah biaya sesuai standar Kemenag dan kebutuhan pajak KSA maka manajemen Abutours tetap berkomitmen untuk memberangkatkan umrah namun hingga kemampuan keuangan manajemen Abutours memungkinkan dilaksanakan.

Demikian maklumat ini dibuat semoga menjadi kebaikan bersama.

Makassar, 9 Februari 2018
Salam Sejahtera

  1. Muh. Hamzah Mamba
    CEO Abutours

Tembusan :
– Kementerian Agama RI & Kantor Wilayah Se Indonesia
– DPR RI & DPRD
– Kapolri
– Aagen, mitra dan jamaah
– Arsip..

Untuk mengantisipasi permintaan informasi dari agen dan Jemaah, maka dengan dikeluarkannya maklumat dari manajemen Abutours , Abutours membuka posko dan tim yang akan menerima pengaduan dan  informasi seputar kebijakan tersebut. “Jamaah dan agen bisa langsung mengkonsultasikan dan meminta penjelasan terkait keputusan yang tertuang dalam maklumat melalui posko di Abutours Cabang AP Pettarani dan Cabang Baji Gau Makassar,” jelas Juru Bicara Abutours Agussalim Camma di Makassar, Sabtu (10/2/2018).

Sedangkan bagi jamaah dan agent yang berada di luar Makassar bisa menghubungi sejumlah line atau nomor kontak dari anggota tim pengaduan.

Tim penerima pengaduan dan konsultasi jamaah/agent yang dibentuk terdiri dari
1. Anti +62811417060
2. Ikhlas Pagala +628114489989
3. Abdan +6281342465118
4. Heru +628111635536
5. Ati 08114490778

“Jamaah dan agen bisa langsung bertanya secara terperinci untuk penjelasan kebijakan Abutours yang tertuang dalam Maklumat,” urainya. ®

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here