Selayarnews.com- Festival Komunitas Pesisir (FKP) 2018 resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (14/2/2018) malam. Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Bupati Kepulauan Selayar, didampingi oleh Forkopimda Kepulauan Selayar.

Pembukaan FKP yang dihadiri tamu dari Universitas Quesland Australia, perwakilan PJLHK, tamu fari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulsel, Balai Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulsel, WCS, RARE, WWF, Forkopimda, Sejumlah Kepala OPD, Kepala Balai TN. Takabonerate, Mantan Wabup Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., dan beberapa komunitas Kepulauan Selayar.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Festival Komunitas Pesisir tersebut sebagai salah satu Kalender Event Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar. Ia berharap tidak hanya pada event itu saja tapi seterusnya semua komunitas dapat terus berkarya dan menunjukkan kreativitas dan inovasinya. Beliau juga berharap agar FKP pada penyelenggaraan berikutnya dapat dilakukan dalam skala yang lebih besar.

“Atas nama pribadi dan Bupati Kepulauan Selayar, saya mendukung penyelenggaraan FKP ini, karena kegiatannya dapat berpengaruh terhadap peningkatan apresiasi masyarakat terhadap upaya konservasi, seni dan budaya lokal di Kabupaten Kepulauan Selayar. FKP ini diharapkan dapat diselenggarakan dengan skala lebih besar, sehingga FKP benar-benar event dalam kampanye konservasi, festival budaya dan seni lokal serta ajang yang menampilkan kreatifitas para komunitas” harap Muh. Basli Ali.

Kepala Balai TNTB Ir. Jusman Selaku penyelenggara FKP dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kgiatan tersebut dalam rangka kampanye peduli lingkungan hidup pesisir Taman nasional Takabonerate dan penyadartahuan masyarakat khususnya dalam upaya konservasi SDA hayati dan ekosistemnya serta mendorong partisipasi komunitas masyarakat dalam melestarikan budaya selayar.

FKP 2018 ini dijadwalkan berlangsung selama 5 hari, 14-18 Pebruari 2018, yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Benteng Selayar. FKP tersebut merupakan salah satu rangkaian kalender event wisata Kabupaten Kepulauan Selayar dengan organized oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Balai Taman Nasional Takabonerate, Pemda Kabupaten Kepulauan Selayar, Komunitas Selayar Belajar, Cagar Biosfer Taka Bonerate Kepulauan Selayar, Unesco, dan MAB, bersama sejumlah supporting lainnya.

AS