Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar Gelar Sosialisasi Peningkatan SDM

Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar Gelar Sosialisasi Peningkatan SDM

Selayarnews.com – Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar, tingkatkan kapasitas SDM aparat dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, Asisten Administrasi Sekda Kab. Kepulauan Selayar, Drs. Dahlul Malik, M.H., buka secara resmi sosialisasi, di Reyhan Resto, selasa, 26 September 2017 pagi.

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Kepulauan Selayar menghadirkan dua nara sumber dari Badan Sar Nasional Kansar Makassar, M. Haryadi, Kasubag Umum, Basarnas Kansar Makassar, dan Kasi Rehabilitasi BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Andi Bali Raja, M.M.

Atas nama Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar, Asisten Administrasi, Drs. Dahlul Malik, M.H., mengapresiasi dan menyampaikan rasa terimajasinya kepada kedua nara sumber yang telah meluangkan waktu dan kesediaannya memberikan materi pada sosialisasi ini.

Dalam sambutan bupati, Dahlul Malik, menyampaikan kondisi geografis Kepulauan Selayar. Dimana kondisi Selayar, 86% adalah lautan yang sangat rentang terhadap bencana angin kencang, gelombang pasang atau gelombang tinggi dan abrasi pantai.

Selain itu, ia menambahkan bahwa potensi bencana banjir dan tanah longsor. Fakta tersebut rermuat dalam Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) tahun 2013 yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sehubungan hal tersebut, Dahlu Malik menambahkan, diperlukan adanya upaya mitigasi atau pengurangan risiko yang merupakan aktivitas pra bencana. Dimana ancaman dan kerentanan harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas terhadap resistensi bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dr.Hj.Saribulan memberikan sambutan

Sementara itu, Kepala BPBD Kab. Kepulauan Selayar, dr. Hj. Saribulan Arifin, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk menambah wawasan kebencanaan bagi stake holder dan pemangku jabatan di instansi terkait.

“Adapun tujuannya adalah mempererat hubungan sesama stake holder kebencanaan yang menjadi peserta sosialisasi khususnya antara masyarakat dengan instansi teknis terkait dan meningkatkan wawasan peserta sosialisasi dan peran serta masyarakat dalam penanganan bencana yang rerjadi di Kabupaten Kepulauan Selayar.” Terang Saribulan Arifin.

“kegiatan ini dijadwalkan selama dua hari, terakhir besok hari rabu akan dilaksanakan simulasi di Plaza Marina”. Tutur Kepala BPBD, dr. Hj. Saribulan Arifin, saat ditemui pers usai pembukaan sosialisasi.

****

Yasin

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: