Begini Tanggapan Komisi II DPRD Kep Selayar Terkait Rencana Mutasi 500 Guru Ke Pulau

Begini Tanggapan Komisi II DPRD Kep Selayar Terkait Rencana Mutasi 500 Guru Ke Pulau

Selayarnews.com – Minimnya tenaga guru yang ada di lima kecamatan kepulauan membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar merencanakan akan memutasi 500 guru yang ada di daratan untuk dimutasi ke Kecamatan Kepulauan.

Keseriusan pemindahan 500 guru ke kecamatan kepulauan ini dibarengi dengan keluarnya Peraturan Bupati Nomor 80 Tahun 2017 tentang penempatan guru guru di daerah kepulauan.

Wacana ini diapresiasi dan didukung oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar Awiluddin. Awiluddin berharap rencana ini bisa diaktulisasikan secepatnya sebagai salah satu solusi atas permasalah pendidikan yang terjadi di daerah kepulauan selama ini.

Anggota dewan dari Fraksi Gerindra dapil III wilayah kepulauan ini juga memberikan masukan masukan sebelum regulasi ini dijalankan.

Pemerintah Daerah perlu membuat perangkat hukum sehingga dalam melaksanakan pendistriusian penempatan guru PNS dan Non PNS pada setiap sekolah dapat dilaksanakan secara merata sesuai kebutuhan.

Hal yang kedua adalah Perlu melibatkan pemerintah Kecamatan, masyarakat, terutama pihak komite sekolah secara formal sehingga para guru yang ditugaskan benar benar menjalankan tugasnya dan bisa dikontrol dengan baik.

Hal ketiga adalah meningkatkan sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung seperti RKB (ruang kelas baru), Perumahan Dinas yang layak dan memadai sehingga guru yang ditugaskan di daerah terpencil merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam urusan mutasi perlu instansi atau dinas pendidikan diberi kewennangan secara langsung sehingga dinas lebih leluasa mengelola pendistribusiantenaga pendidik baik PNS dan Non PNS dengan baik dan sungguh sungguh.

Bagi Tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi Akademik penting dan harus diberi penghargaan khusus atau rewards agar para guru kita termotivasi untuk meningkatkan SDM anak anak kita di Kepulauan.

Menutup penjelasannya Awiluddin meyakini bahwa kebijakan ini merupakan komitmen Bupati Kepulauan Selayar dalam mengatasi masalah pendidikan dikepulauan yang selama ini terjadi.

“Tidak Semua Guru itu pintar tapi semua orang pintar itu lahir dari seorang Guru” Tutup Awil.

****

DA

%d blogger menyukai ini: