Bupati Kepulauan Selayar Minta Beras Rastra Yang Tidak Layak Konsumsi Dikembalikan

Bupati Kepulauan Selayar Minta Beras Rastra Yang Tidak Layak Konsumsi Dikembalikan

Selayarnews.com – Pada hari ini Kamis 09 November 2017 sekitar Pkl 10.00 wita Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, meninjau langsung ke rumah-rumah warga tentang kualitas beras Rastra ( Beras Sejahtera) di Kecamatan Benteng.

Hasil pantauan Bupati menemukan rastra yang berubah warna, tua, berkutu dan berbau yang masih dibagikan kepada warganya.

Selain memeriksa beras yang ada dirumah warga Benteng Selatan, Bupati juga langsung melakukan Sidak ke gudang penyimpanan beras di Kelurahan Benteng Selatan.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali juga menemukan seratus karung lebih Rastra yang diterima oleh Kantor Kelurahan Benteng dengan kondisi yang sama, beras tua, berbau.

Atas hal tersebut Bupati memerintahkan agar beras yang sudah disalurkan ditarik kembali termasuk ratusan karung yang sudah berada di dermaga TPI Benteng.

Beras rastra yang siap didistribusikan ke kecamatan kepulauan sudah diberi police line karena ditemukan kualitasnya tidak layak konsumsi

Kepada Pemerintah Desa /Kelurahan dan warga dalam sidak tersebut Bupati Muh. Basli Ali menegaskan agar tidak menerima Beras Rastra yg kualitas buruk tersebut.

Hasil koordinasi Unit dengan Perum Bulog bahwa Kondisi beras tersebut awalnya baik namun karena terlalu lama digudang akhirnya berbau. Namun jika ada keluhan beras boleh dipulangkan dan akan diganti yg baru.

Sekedar diketahui bahwa Beras Rastra adalah beras bantuan untuk warga miskin sebelumnya disebut Raskin. Pada tgl 10 Oktober 2017 bertempat di ruang kerja Asisten Administrasi Setda Kepulauan Selayar Drs. Dahlul Malik, S.H., Perum Bulog Divre Sulselbar melakukan koordinasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Selayar terkait pelaksanaan komitmen Bulog untuk menyalurkan Beras Sejahtera (rastra) yang baik dan layak konsumsi.

Pada saat itu Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Sulselbar. Ir. St. Mardati Saing juga menyampaikan bahwa penyaluran stok beras ke Kepulauan Selayar aman sampai 9 bulan ke depan dan sejauh ini belum ada keluhan dan kendala karena kami akui dan yakin bahwa koordinasi Tikor Rastra Kabupaten dan pemda setempat bagus sehingga semuanya berjalan lancar.

Dari hasil sidak ke pelabuhan TPI ditemukan 658 Karung yang siap disalurkan di wilayah Pulau. Bupati memeriksa 5 Karung sample dan ditemukan dalam kondisi yg kurang bagus.

Inspeksi dilakukan Bupati bersama Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsu Ridwan, S.IK, Wakapolres Kompol Samsuddin, P. SH Kasat Reskrim dan beberapa Kanit , Kabag Perlengkapan dan sejumlah rombongan di Pelabuhan TPI Benteng dan Gudang Bulog kolo -kolo.

****

AS

%d blogger menyukai ini: