Dandim dan Kapolres, Safari Pendidikan Karakter Kebangsaan bersama Kesbang Pol di SMKN II Bontomanai Selayar

0

Selayarnews.com- Sinergi TNI-Polri dan Pemkab kembali terlihat hari ini Selasa 13/2 dalam Pelaksanaan Safari Pendidikan wawasan dan karakter kebangsaan bagi generasi muda, yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Pemkab Kepulauan Selayar di SMKN II Bontomanai.

Selain dihadiri Kapolres kepulauan Selayar AKBP SYAMSU RIDWAN, SIK dan Dandim 1415 Selayar LETKO ARM. YUWONO AMPUH, S.Sos. MM, Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Kabag Kesbangpol Kr. MAGASSING, SH.MH, Hj. ANDI REZKY ANGGRIANI, Spd Selaku Kabid nilai nilai kebangsaan Kesbangpol, Drs. ANDI AGUS, MM Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Kepsek SMKN 2 Bontomanai AHLUDDIN, Spd.M.Si. Selain melibatkan instansi vertikal kegiatan ini juga melibatkan unsur Kepemudaan dimana Akbar Putra dari KNPI menjadi moderator dalam kegiatan ini.

Selaku Pemateri pertama, DANDIM 1415 SelayarLetkol Arm YUWONO AMPUH, S.Sos.MM menyampaikan bahwa pemuda ataupun generasi penerus di harapkan dapat memperkuat bangsa dengan berbuat hal hal positif dari hal hal terkecil karena pemuda saat ini tidak harus mengangkat senjata namun tidak melenceng dari pancasila.

Sementara dalam Materi kedua oleh Kapolres kepulauan Selayar AKBP. Syamsu Ridwan, SIK, diawal materinya Beliau mengutip kata kata Presiden Soekarno ” beri aku 1000 orang tua niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncang dunia ” kata kata ini sengaja di sampaikan untuk memicu para pemuda / generasi muda dalam membentuk karakter kebangsaan.

” Untuk membangun karakter ada beberapa faktor yang harus dimiiliki para pemuda/generasi muda, diantaranya ideologi, politik, kepemimpinan, lingkungan, pendidikan, norma, agama, sosbud, ekonomi” Kata Syamsu Ridwan.
Saat membawakan Materi, Kapolres juga menyemangati Peserta siswa-siswa SMK 2 Bontomanai dengan mengadakan game berhadiah terkait 4 pilar kebangsaan.

Kabid Pembinaam SMP Dikna Drs. ANDI AGUS, MM dalam materinya meng harapkan kepada generasi penerus kiranya dapat menjadi tunas tunas bangsa yang kedepannya akan dapat membangun bangsa ini tetap dalam landasan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kegiatan berlangsung dari Pkl 09 .00 wita dan berakhir sekitar pkl 12.00 wita. Ratusan siswa terlihat antusias mendengarkan materi dan pesan- pesan yang dibawakan Dandim dan Kapolres serta pemateri lainnya.

***

as