Peringatan Hari Tari Sedunia di Kepulauan Selayar

Selayarnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Seni sedunia Laboratory Publik & Art bekerjasama dengan relawan demokrasi 2018, KPU Kepulauan Selayar, Rumah Teater Selayar, Fantasi, Dolpink Rental & Printing, Fantasi dan Saka Wanabakti akan menggelar berbagai pementasan seni (Minggu,29/04/2018) di Taman Pelangi Benteng Selayar.

Kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Tari Sedunia berusaha mengajak masyarakat untuk berpesta bersama dan memberikan pengetahuan mengenai kegiatan seni Tari yang membaca ruang publik.

Beberapa rangkaian acara yang akan ditampilkan antara lain Gelar Tari selama 2 jam, puisi tentang laut, dan pawai Teaterikal dari lapangan pemuda benteng menuju Taman Pelangi.

“Karya Tari yang disajikan adalah interpretasi ulang atas mitos Tumanurung dan fakta sejarah cerita dato Ribandang”Ujar Taslim.

“Fenomena belakangan ini Seni yang berkembang di selayar hanya bergerak di wilayah kemampuan adu skill. Itu membuat kesenian kita tidak berkembang sama sekali dari tahun ke tahun. Kami menyajikan Seni yang tidak lagi berkutak di persoalan kemampuan teknis, akan tetapi lebih ke penawaran ke segi ide atau konseptual. Dalam hal seni konseptual, masyarakat tidak dihibur lagi tapi lebih kepada menstimulus otaknya untuk berpikir ke persoalan gagasan” Tambah Founder Selayar Laboratory Publik dan Art.

Perlu diketahui Kegiatan ini terbuka secara gratis untuk penikmat ruang publik. perlu kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan kegiataan seni tidak melulu tentang panggung, sebab kegiatan tari yang berimprovisasi diruang itupun disebut pentas seni.

“Dengan adanya kegiatan ini, generasi muda selayar dapat melahirkan karya Seni yang merespon ruang publik dgn gaya budaya lokal. Mari bergerak menuju ledakan-ledakan gerak yang meruntuhkan konvensi yang ada” Kunci Taslim yang juga Relawan Demokrasi 2018 ini.

*****
DA