Selayarnews.com – Pemerintah Kecamatan Bontomatene hari ini  Kamis 24 Januari 2018 menggelar Rapat Evaluasi Penggunaan Dana Desa se-Kecamatan Bontomatene di Aula Kantor Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (25/1/2018).

Rapat yang dimulai pukul 09.00 Wita pagi ini dipimpin langsung oleh Camat Bontomatene Drs. Andi Massaile dan dihadiri Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Tenaga Ahli P3MD, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Kepala Desa se-Kecamatan Bontomatene dan Ketua BPD se-kecamatan Bontomatene.

Camat Bontomate, Drs. Andi Massaile menjelaskan, tujuan rapat yakni untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan dana desa yang sudah dicairkan.

“Di sini kita melihat realisasi dari penggunaan dana desa tersebut, baik yang disalurkan melalui pembangunan fisik di desa, maupun non fisik seperti pemberdayaan masyarakat desa itu sendiri,” jelas Andi Massaile.

Tenaga Ahli PMD, Nasruddin dalam kesempatan ini pun
membacakan hasil laporan Pendamping Lokal Desa pada saat turun melakukan monitoring penggunaan dana desa pada tiap-tiap desa di Kecamatan Bontomatene, di mana beberapa desa yang masih dalam tahap penyelesaian pekerjaan fisik diperintahkan untuk segera menyelesaikannya.

Masih pada moment dan giat yang sama, Andi Massaile juga memberikan beberapa himbauan :

1. Para Kepala Desa tetap berkoordinasi dengan Pendamping Lokal Desa, Pendamping Desa dan Tenaga Ahli P3MD Kepulauan Selayar terkait realisasi kegiatan Tahun Anggaran 2017 dan Rencana Kerja Pemerintah Desa untuk Tahun Anggaran 2018.

2. Imbauan agar seluruh warga masyarakat Kecamatan Bontomatene tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan pada masing-masing desanya, dan apabila ditemukan adanya persoalan/masalah agar diselesaikan oleh pemerintah desa beserta aparatnya, sehingga persoalan tidak menimbulkan persoalan yang berdampak lebih besar.

3.Imbauan agar para Kepala Desa tidak hanya melakukan pemasangan baliho penggunaan dana desa tetapi juga melakukan pemasangan baliho terkait realisasi dan dokumentasi hasil kegiatan tahun 2017, yang bertujuan transparansi dalam penggunaan dana desa dimana sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2017.

Berakhir sekitar pukul 12.30 Wita, Rapat Evaluasi Penggunaan Dana Desa pun berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

****

Afdal Patta