Kepala BPN Selayar Bantah Tudingan PTSL Tanah di Desa Lowa Tidak Transparan

Kepala BPN Selayar Bantah Tudingan PTSL Tanah di Desa Lowa Tidak Transparan

Selayarnews.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Selayar menepis dugaan bahwa proses Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu tidak sesuai prosedur.

Kepala BPN Kab. Kepulauan Selayar, Pudjiamin, saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh tim PTSL sudah sesuai dengan prosedur dan tidak ada satu pun aturan yang dilanggarnya.

Selanjutnya, kata dia, apa yang dilakukan tim merupakan amanat undang – undang yang harus dijalankan. Artinya semua tahapan yang dianjurkan tentu harus dilalui terlebih dahulu sebelum melakukan pendataan.

“Prosesnya sudah sesuai dengan prosedural. Dan sudah sesuai dengan SOP serta petunjuk tekhnis lainnya. Misalkan sebelumnya dilakukan sosialisasi dan tim sudah melakukan itu,” kata Pudjiamin, Jumat (8/9/2017).

Kemudian pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak DPRD dan Komisi I yang membidangi persoalan pertanahan. Akan tetapi proses yang telah dilakukan oleh tim tetap akan berjalan.

“Jadi, perlu dikethaui bahwa kegiatan ini adalah merupakan pendataan lengkap secara sistematis sehingga ada tahapan-tahapan sebelumnya yang mesti ditempuh,” terangnya.

Diketahui, hingga saat ini panitia yang telah dibentuk masih terus bekerja, mengolah data yang selanjutnya akan diumumkan dihadapan masyarakat Desa Lowa.

“Intinya proses itu akan terus berjalan. Kalaupun saat diumumkan ada yang komplain, tidak ada masalah selama bisa dibuktikan,” tutur Pudjiamin.

Sebelumnya sejumlah orang yang mengatasnamakan masyarakat Lowa menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD Kab. Kepulauan Selayar, Kamis, 7 September lalu.

Aspirasi tersebut diterima langsung oleh Ketua bersama Komisi I DPRD Kab. Kepulauan Selayar di ruang Rapat Komisi I DPRD Kab. Kepulauan Selayar.

%d blogger menyukai ini: