Komisi 3 DPRD Kepulauan Selayar Dorong UMKM Untuk Berdayasaing dan Meningkatkan Kualitas Produksi

Komisi 3 DPRD Kepulauan Selayar Dorong UMKM Untuk Berdayasaing dan Meningkatkan Kualitas Produksi

Selayarnews.com – Komisi 3 DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar Syamsul Bahri mengapresiasi hasil kreatifitas pelaku usaha kecil dan menengah di Kab. Kepulauan Selayar.

Namun demikian, kata dia, produktifitas pelaku usaha menengah saat ini masih perlu terus dilakukan Pembinaan. Hal itulah yang kemudian menurut pengakuannya terus dilakukan oleh Komisi 3 DPRD Kab. Kepulauan Selayar.

Saat ini kita terus memanfaatkan para pelaku usaha-udaha kecil dan menengah khususnya usaha ibu rumah tungga. Pihaknya mengaku telag menghadap ke Dinas Kopersi dan UKM Prov. Sulawesi Selatan. Alhasil, Instansi terkait sangat merespon hat tersebut.

“Kedepan kita akan terus melakukan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku UKM di Selayar untuk bisa di berdayakan agar mereka berdaya saing termasuk dari segi hasil produktifitasnya,” kata Syamsul Bahri saat ditemui di Kediamannya, Senin (05/6/2017).

“Karena yang paling penting juga dalam hak usaha adalah persoalan kualitas prodak. Kalau prodaknya baik maka pasti punya daya saing,” tungkasnya.

Menurut dia, di Kabupaten Selayar ini, perlu diakui bahwa banyak sekali jenis usaha yang punya potensi untuk bisa dikembangkan bahkan menjadi nilai jual tersendiri di Kab. Kepulauan Selayar. Namun demikian, masih banyak yang harus di berdayakan. Termasuk dari segi size dan rasa.

“Para pelaku usaha ini harus mampu mengemas product – productnya yang dimana prodak itu memang merupakan khas selayar supaya mampu berdaya saing,” lanjutnya.

Kendati demikian, dikatakannya bahwa saat ini sudah ada beberapa hasil produk yang telah terpajang di Galeri Kantor Dinas Koperasi Dan UKM Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada beberapa hasil usaha dari Swlayar yang terlajang di Kantor Dinas Kopersi dan UKM Prov. Termasuk tarasi dan Ikan kering dengan berbagai macam kemasan yang unik,” ujarnya.

“Kalau kita misalkan jalan-jalan kesana, kita bisa saksikan itu, bagaimana hasil produk-produk Selayar yang terpajang di galerinya dinas Koperasi,” terang dia.

Jadi pada tahun 2017 ini, kata Syamsul Bahri, Komisi 3 DPRD Kab. Kepualaun Selayar akan mengupayakan bagaimana prodak-prodak khas Selayar ini bisa terkemas dengan baik dan mampu berdaya saing. Tentu ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pemberdayaan para pelaku usaha kecil dan menengah.

“Seperti Tarasi dan Ikan kering itu tadi, kalau dikemas dengan baik maka bisa saja akan bernilai jula yang tinggi. Selain itu, harus dipatenkan bahwa ini khas Selayar termasuk takarannya dan jenisnya,” tutup Syamsul Bahri.

****

Harlin

banner 468x60
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: