KPPN Benteng Terapkan “Perbendaharaan Go Green” Demi mendukung Keberlangsungan Lingkungan Hidup

KPPN Benteng Terapkan “Perbendaharaan Go Green” Demi mendukung Keberlangsungan Lingkungan Hidup

Selayarnews.com – Menurut data dari NASA (National Aeronautics and Space Administration), Karbondioksida meningkat 406,69 bagian per satujuta, Suhu global meningkat 1,7 Fahrenheit sejak 1880, Es di kutub utara berkurang 13,3 persen dalam satu dekade, daratan es berkurang 286 Gigaton per tahun, dan kenaikan air laut bertambah 3,4 milimeter per tahun. Sekumpulan data yang sangat mengkhawatirkan.

Di tengah era globalisasi yang mengarah pada berbagai kerusakan lingkungan hidup, Ditjen Perbendaharaan, sebagai salah satu entitas pemerintahan, berupaya turut ambil bagian dalam berkontribusi untuk lingkungan. Hal inilah yang menjadi latar belakang lahirnya Program “Perbendaharaan Go Green”.

Upaya mengampanyekan go green di jajaran Ditjen Perbendaharaan ditempuh melalui penerbitan Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor: SE-18/PB/2017 tentang Program Perbendaharaan Go Green di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Dalam SE tersebut, seluruh satker vertikal Ditjen Perbendaharaan, termasuk di dalamnya KPPN, diminta untuk melakukan lamgkah-langkah nyata dalam menyukseskan program “Perbendaharaan Go Green”. KPPN seluruh Indonesia, termasuk KPPN Benteng, diminta untuk membuat program TIGA PLUS SATU yang merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani Indrawati, pada saat pelaksanaan Rapimnas I Ditjen Perbendaharaan Tahun 2017.

Pelaksanaan Program Perbendaharaan Go Greenmeliputi Program Tiga Plus Satu, yakni:

  1. Program penghematan listrik

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terjadi penurunan rata-rata konsumsi listrik di KPPN Benteng jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

 

Grafik di atas menunjukkan terjadinya pengurangan konsumsi listrik KPPN Benteng pada periode Januari s.d. Agustus 2017 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Pada Triwulan I 2017 (sebelum pelaksanaan Go Green), pemakaian listrik menunjukkan rata-rata 5.852  KWH atau menurun 12,91 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2016 yang mencapai rata-rata 6.720. Dari sisi biaya yang dibayarkan, rata-rata pembayaran langganan listrik pada Triwulan I 2017 sebesar Rp8.595.023,- atau menurun 7,98 persen dibandingkan dengan Triwulan I 2016 dengan rata-rata sebesar Rp9.340.566,-.

1. Program penghematan air

Walaupun di KPPN Benteng tidak terdapat jaringan air bersih dari PDAM, namun program penghematan air (tanah) tetap perlu dalam rangka kesinambungan lingkungan mengingat terbatasnya sumber air bersih di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. Langkah-langkah yang akan dilaksanakan:

  • Menggunakan air secukupnya dan tidak berlebihan;
  • Mematikan keran sebelum meninggalkan kamar mandi;
  • Memeriksa kamar mandi untuk mencegah peluberan air di kamar mandi;

2. Program penghematan kertas

Hasil evaluasi terhadap pemakaian dan pembelian kertas menunjukkan bahwa terjadi penurunan rata-rata pemakaian kertas di KPPN Benteng jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, sebagaimana tergambar pada tabel berikut:

Sepanjang bulan Januari s.d. Agustus 2017 pemakaian bulanan kertas rata-rata 6,5 rim atau menurun 62,32 persen dibandingkan periode yang sama di tahun  2016 yang berjumlah rata-rata 17,25 rim per bulan. Dari sisi biaya pemakaian, terjadi penurunan 99,57 persen dari pembelian rata-rata bulanan Rp1.165.625,- sepanjang Januari s.d. Agustus 2016 menjadi hanya rata-rata Rp5.000,- pada periode Januari s.d. Juli 2017.

Capaian lain dari Perbendaharaan Go Green adalah efisiensi terkait  jasa pengiriman surat/paket dinas dari KPPN Benteng, sebagaimana tergambar pada grafik berikut ini:

Grafik  di atas menunjukkan terjadinya pengurangan jasa pengiriman surat/paket di KPPN Benteng pada periode Januari s.d. Agustus 2017 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Pada periode Januari s.d. Agustus 2017, rata-rata biaya bulanan pengiriman mencapai Rp458.608,- atau menurun 24,95 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang berada pada angka rata-rata bulanan Rp611.050,-.

3. Program satu pegawai satu pohon

Meliputi penanaman 17 pohon langsat di lingkungan KPPN Benteng telah dilaksanakan pada tanggal 6 April 2017. Langkah selanjutnya adalah periode pemeliharaan agar pohon yang telah ditanam dapat tumbuh. Dalam hal pohon yang ditanam tidak tumbuh, maka akan dilakukan penanaman ulang pohon sejenis. Dalam waktu dekat juga direncanakan penanaman sayur-sayuran produktif dengan metode tanam hidroponik untuk menyiasati kondisi geografis di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selain program TIGA PLUS SATU di atas, KPPN Benteng juga berinisiatif melakukan peningkatan inovasi. Upaya peningkatan inovasi dalam rangka mendukung akselerasi Perbendaharaan Go Green di KPPN Benteng ditandai dengan telah di-launching-nya Portal GIFT (Generated Information From Treasury), yang memuat modul/aplikasi online, antara lain sebagai berikut:

  • Assistant (AplikasiSurat, Informasi, danTindakLanjut) Sesuai namanya,  merupakan aplikasi penatausahaan persuratan terintegrasi, e-office dan arsip online (tahap pengembangan).
  • BIZ (Benteng’s Integrity Zone) Merupakan modul online yang ditujukan untuk memudahkan pengelolaan dan pengarsipan dokumen WBK/WBBM;
  • Aksen (Arsip Kinerja secara Elektronik) Merupakan modul pengelolaan dokumen langkah-langkah peningkatan kinerja (SFO);
  • Kipli (KIPS Online) Merupakan modul penatausahaan KIPS yang telah diterbitkan KPPN Benteng.

Semoga dengan adanya “PerbendaharaanGo Green” ini, kami selaku pegawai KPPN Benteng, yang juga merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar dapat menjadi bagian dari perubahan lingkungan kearah yang lebih baik dan dapat menginspirasi sekitar untuk sama-sama menjadikan dunia sebagai tempat tinggal yang ramah bagi generasi penerus. Sebagaimana quote dari Frank Llyod Wright, Arsitek dan Edukator Penemu Organic Architecture (Arsitektur Ramah Lingkungan):

“Pelajarilah lingkungan, Cintailah Lingkungan, Dekatlah dengan Lingkungan. Itu tidak akan pernah mengecewakan Anda.”

Referensi:

Penulis : Ikhwan Mahmud, Kepala KPPN Benteng.

 

%d blogger menyukai ini: