KPU Kepulauan Selayar Tindak Lanjuti Putusan Bawaslu dan KPU RI

KPU Kepulauan Selayar Tindak Lanjuti Putusan Bawaslu dan KPU  RI
Rakor KPU Kepulauan Selayar, 20/11

Selayarnews.com, Pasca Putusan Bawaslu yang telah menerima gugatan sembilan Parpol yang menggugat KPU ke Bawaslu terkait pelanggaran administrasi Pemilu 2019. Sembilan parpol yang diterima adalah PKPI, PBB, Idaman, dan Partai Bhinneka, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo, dan PIKA. Dalam putusannya, Bawaslu mengatakan KPU telah melakukan pelanggaran administrasi mengenai tata cara prosedur pendaftaran parpol. Hal ini telah ditindaklanjuti oleh KPU RI dengan mengeluarkan Keputusan KPU Nomor :205/H.03.1-Kpt/03/KPU /XI/2017 Tentang Tata Cara pendaftaran dan pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019.

Dengan adanya Keputusan KPU RI tersebut, KPU Kepulauan Selayar menggelar Rapat koordinasi yang berlangsung siang ini Senin, 20/11 bertempat di RPP Tanadoang Kantor KPU Kepulauan Selayar dilaksanakan Rakor tentang Pelaksanaan Putusan Bawaslu dan  KPU RI.  Rapat Koordinasi tersebut diikuti oleh Anggota KPU Kepulauan Selayar, Masing-masing M. Karyadin, Muh. Darwis dan Masmulyadi, Sekretaris dan Para Kasubag Sekretariat KPU serta Anggota Pokja Verifikasi Parpol.

Dalam sambutan pembukanya M. Karyadin menjelaskan bahwa KPU Kepulauan Selayar kembali membuka pendaftaran kepada 9 Parpol sebagaimana Putusan Bawaslu RI yakni PBB, Idaman, dan Partai Bhinneka, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo, dan PIKA yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mendaftar dan menyerahkan daftar nama anggota dan salinan KTA dan KTP di Kantor KPU Kepulauan Selayar.

Kita terima lagi penyerahan Berkas Persyaratan Parpol peserta pemilu 2019, mulai hari ini tanggal 20 sampai dengan 22 November 2017. Penyerahan dokumen Parpol Pkl 08 s/d 16 Sore” Jelas M. Karyadin.

Melengkapi penjelasan sebelumnya Komisioner KPU Kepulauan Selayar Muh. Darwis membacakan Putusan KPU RI yang membahas Teknis pendaftaran dan Verifikasi Parpol. Disebutkan diantaranya bahwa Penelitian Berkas Persyaratan Parpol tersebut akan dilakukan mulai tanggal 21 s/d 30 November 2017 . “Kita harapkan agar KPU Kepulauan Selayar dan seluruh petugas pendaftaran dapat menjalankan sesuai petunjuk Teknis KPU RI tersebut. Dengan tindak lanjut yang dilakukan, nantinya tidak ada lagi Komplain dari Parpol peserta pemilu 2019”, Jelasnya.

***

As

%d blogger menyukai ini: