<

Selayarnews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) penataan daerah pemilihan (Dapil) dengan partai politik, aktivis pemerhati demokrasi, ornop dan pers, Senin (5/2).
Kegiatan yang diadakan di Aula KPU Kepulauan Selayar itu dibuka oleh Ketua KPU Kepulauan Selayar, Hasiruddin dan difasilitasi oleh anggota KPU Kepulauan Selayar, Masmulyadi.
Ketua KPU Kepulauan Selayar Hasiruddin mengatakan bahwa Raker dimaksudkan untuk memperbincangkan opsi-opsi daerah pemilihan beserta argumentasinya.
“Raker ini pada dasarnya membahas opsi-opsi Dapil beserta argumentasinya dengan mengacu ke prinsip-prinsip penataan Dapil yang diatur oleh PKPU” tuturnya.
Sementara itu Anggota KPU Kepulauan Selayar, Masmulyadi yang menfasilitasi forum mengatakan bahwa dinamika rapat berjalan sangat dinamis dengan argumentasi yang berkembang dari masing-masing pihak.
“Prinsipnya kita mendengar usulan-usulan yang berkembang untuk disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi, KPU RI akan menetapkan pada waktunya nanti” ujar alumni UGM ini.
Usulan Penataan Dapil sesuai tahapan dalam Pemilu 2019 menyajikan 7 opsi yang diajukan dalam Rapat Kerja Penyampaian Dan Pencermatan Usulan Daerah Pemilihan untuk DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar
Dari 7 opsi tersebut, dinamika forum serta hasil kajian dari peserta raker yang terdiri dari perwakilan Partai politik serta pengamat pemilu dan pers mengerucut pada 3 opsi Daerah Pemilihan. Opsi pertama yaitu Daerah Pemilihan seperti pada Pemilu 2014 lalu, opsi kedua yaitu 4 dapil dengan dapil didaratan tetap namun di kecamatan kepulauan dibagi menjadi 2 dapil yaitu Pasilambena dan Pasimarannu menjadi 1 dapil dan Taka Bonerate, Pasimasunggu dan Pastim menjadi 1 Dapil. Opsi selanjutnya yang juga mengemuka adalah 5 Dapil dimana opsi ini penggabungan Kecamatan menjadi dapil seperti opsi 4 namun kecamatan benteng dijadikan 1 dapil tersendiri.
Dari opsi Dapil tersebut, beberapa perwakilan partai mengisyaratkan untuk tetap mengusulkan 3 dapil seperti pada dapil pemilu 2014 lalu. Usulan tersebut disuarakan oleh Yusuf Sahar dari Partai Nasdem, Leonardo (PSI), Nazaruddin (PKB), PKS (Rudi), H. Dg Sigauk (PKPI). Sementara opsi 4 Dapil juga disuarakan oleh Adrian (Demokrat), Ahmad (Berkarya), Subhan (Garuda), dan Ahmad (PPP). (R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here