Kurangi Pengangguran, BLK Selayar Kembali Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

0

Selayarnews.com – Pada era globalisasi saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Hampir setiap saat perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat sebagai akibat dari pesatnya kemajuan dan perkembangan Iptek.

Salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh setiap negara adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Demikian dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., saat membuka secara resmi pelatihan berbasis kompetensi UPTD-Balai Latihan Kerja Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, di UPTD BLK Selayar, Kamis (22/2/2018).

“Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya,” kata Marjani Sultan.

Menurut Sekda Kepulauan Selayar, ketidakseimbangan antara ketersediaan antar lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran.

Selanjutnya kata Marjani Sultan akan membawa dampak pada pembangunan ekonomi, sosial, dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu.

“Untuk menanggulangi pengangguran, salah satu upaya yang kita lakukan adalah melalui pelatihan berbasis kompetensi. Lulusannya akan mempunyai kompetensi standar. Karena itulah saya mengapresiasi kegiatan ini,” tutur Marjani.

Pelatihan ini dikerjasamakan dengan Balai Latihan Kerja Makassar. Sekda berharap Balai Latihan Kerja Makassar dapat menfasilitasi peningkatan UPTD-BLK Kepulauan Selayar melalui penambahan kejuruan yang menjadi program strategis, yaitu pariwisata.

“Mari bersama bahu membahu, membuatkan tekad dalam rangka pengembangan kewirausahaan di bumi Tanadoang, julukan Kabupaten Kepulauan Selayar,” ajak Marjani Sultan sembari menutup sambutannya.

Selain panitia, pada pembukaan pelatihan tersebut hadir Kepala BLK Makassar, Kadis PMPTSPTK Selayar, serta para tenaga pengajar UPTD-BLK Kepulauan Selayar dan undangan lainnya. (FIRMAN)