Latihan Pentas “Assiring Bitombang” akan segera digelar

0

Selayarnews.com- Latihan Pentas seni yang menampilkan pertunjukan kolaboratif antara seni visual, musik, tari, puisi, mengolah artistik konstruksi rumah adat kampung Biitombang Kepulauan Selayar akan digelar pada hari Kamis, 8 maret 2018 pukul 16:00 – 21:00 Wita. Latihan Pentas tersebut mengusung tema ” Assiring Botombang”. Kegiatan ini diinisiasi oleh Seniman asal Selayar Misbach Daeng Bilok.

Misbach Daeng Bilok, Seniman Asal Selayar Sulsel.

Dalam bahasa Selayar “siring” adalah Kolong ruang bawah pada bagaian arsitektur rumah panggung khas Selayar. di lingkungan keluarga “siring” menjadi salah satu tempat penting untuk keluarga beraktifitas, mengolah pangan untuk keluarga dari hasil kebun, bertenun kain, menganyam bambu, dan beristirahat tidur siang. Peristiwa ini adalah proses latihan awal merespon Ruang kebudayaan kampung dengan mengolah konsep “siring” menjadi ruang ekspresi seni dari masyarakat bekerja sama dengan pekerja seni multi disiplin”, Ungkap Daeng Bilok

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bersama rekan-rekannya saat ini sudah beberapa hari melakukan pendekatan kultural ke masyarakat Bitombang sekaligus survei potensi kebudayaan dan dengan melakukan penggalian narasi oral dari kearifan lokal masyarakat kampung tua tersebut, yang merupakan salah satu destinasi lokasi wisata budaya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pentas sesungguhnya “Assiring Bitombang” baru di recanakan digelar antara Juli -Agustus 2018 mendatang. Pentas ini mengkolaborasikan penampilan perguruan silat tradisional “manca” dengan karangtaruna Bitombang dan Sanggar seni Tanadoang, seniman visual artistik asal Bali Jonas Sestakresna dan Jevi Albania seniman seni rupa asal dari Solo Jawa Tengah, Tidak hanya itu dalam pentas nanti Misbach Bilok akan berkolaborasi dengan Andi Supriadi menampilkan musik serta pentas lainnya dari para penggiat seni bumi tanadoang. Beberapa komunitas turut mendukung kegiatan ini antara lain @Selayarnews @daily_selayar @selayarphotographer @selayar_id @TribunSelayar.

Masih kata Misbach, bahwa untuk progres awal besok Kamis 08/3, hanya akan dilakukan latihan awal mencari bentuk peristiwa budaya di masyarakat Bitombang sekaligus proses pengambilan video di Lokasi Kampung Bitombang Kec. Bontoharu Kepulauan Selayar. Ia berharap dukungan dari semua pihak terutama dari masyarakat Bitombang serta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk suksesnya pentas tersebut, bertujuan sebagai upaya menggali, menjaga dan memaknai budaya dari kearifan lokal masyarakat secara langsung di masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

As