Meriahnya Pembukaan Pameran Pendidikan Kepulauan Selayar

Meriahnya Pembukaan Pameran Pendidikan Kepulauan Selayar

Selayarnews.com – Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Pemuda Galung, Kecamatan Bontosikuyu, Senin (10/7/2017).

Dalam upacara itu dihadiri oleh Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Para Kepala OPD, para guru se – Kabupaten Kepulauan Selayar, komunitas Fantasi (Forum Anak Tanadaoang Selayar), serta himpunan pelajar Bontosikuyu.

Penyeraham Piagam Penghargaan Kepada Peserta Yang Dinyatakan Lulus Diklat Calon Kepala Sekolah

Dalam upacara ini dirangkaikan dengan pembukaan pameran pendidikan tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar mengangkat tema “Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas. Ini merupakan tema nasional yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sementara dalam upacara Hari Pendidikan Nasional tersebut sejumlah item kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada pemerintah daerah atas komitmennya dalam upaya peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan yang diwujudkan dalam penganggaran melalui APBD Tahun 2016 dan 2017 yang diserahkan oleh kepala LP3TK kepada Bupati Kepulauan Selayar. Selain itu juga dilakukan penyerahan sertifikat diklat Cakep oleh kepala LP3TK kepada para peserta diklat cakep yang telah dinyatakan lulus.

Bupati Kepulauan Selayar juga menyerahkan piagam penghargaan kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kepala UPTD, kepala sekolah, guru, dan siswa atas prestasinya memperoleh nilai tertinggi Ujian Nasional tingkat SD/MI, SMP/MTs, tahun pelajaran 2016/2017 oleh Bupati Kepulauan Selayar. Penyerahan kartu BPJS tenaga kerja kepada pemanfaat masyarakat Kecamatan Bontosikuyu juga mewarnai jalannya upacara tersebut.

Pelepasan Balon Menandai Dibukanya Pameran Pendidikan 2017

Sekadar diinfokan bahwa Pameran pendidikan tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar dibuka secara resmi ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Bupati Kepulauan Selayar sesaat selesai membacakan amanat sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Bupati Kepulauan Selayar mengimbau untuk tetap menjaga kebersihan sepanjang jalannya kegiatan.
“Saya berharap kepada semua yang terlibat dalam kegiatan ini, serta masyarakat Kecamatan Bontosikuyu untuk tetap menjaga kebersihan selama jalannya kegiatan. Terlebih Kecamatan Bontosikuyu sedang diusung untuk menjadi kecamatan wisata,” tutup Bupati Kepulauan Selayar.

Ketua panitia, Andi Agus, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan hingga tanggal 15 Juli 2017 dengan jumlah stan sebanyak 28. Beberapa lomba yang akan hadir diantaranya adalah lomba tari, lacarakdek, stan terbaik, dan beberapa lomba lainnya.

Setelah upacara, Bupati bersama rombongan mengunjungi semua stan sekaligus bersilaturrahim bersama para guru dan siswa.

Masih di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar menyampaikan tanggapan terkait pameran pendidikan tersebut.
“Pameran pendidikan ini sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan dalam menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional dan tahun ini sudah dianggarkan di APBD, berbeda di tahun kemarin.

Tujuan kegiatan ini adalah memotivasi para guru, siswa, dan semua kalangan akademisi untuk lebih saling bersilaturrahim bisa lebih kreatif dalam mengembangkan bakat minatnya pada lomba yang sudah ada dalam list. Berbeda dari tahun kemarin yang hanya satu kecamatan kepulauan yaitu Kecamatan Pasimarannu, kali ini pameran diikuti oleh semua kecamatan hadir membangun stan pameran.

Sekadar diketahui, beberapa kecamatan sudah menunjukkan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah pameran pendidikan berikutnya. Diantaranya adalah Kecamatan Buki, Kecamatan Pasimarannu, dan Kecamatan Pasimasunggu.

****

Reporter : Dianika Ariatami
Editor : Firman

banner 468x60
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: