Pemkab, Polres, Kodim, dan TNI Angkatan Laut Pasang Tanda Batas Zonasi Wisata Di Perairan Pasi Gusung

By: On:
Pemkab, Polres, Kodim, dan TNI Angkatan Laut Pasang Tanda Batas Zonasi Wisata Di Perairan Pasi Gusung

Selayarnews.com – Pemerintah  Kabupaten Kepulauan Selayar bekerjasama dengan Polres, Kodim  1415 dan  Pos  TNI  Angkatan Laut Selayar  hari ini Senin 17/7 Sekitar  pukul 09.30 wita melaksanakan Pemasangan Tanda Batas Zonasi Wisata Perairan Pulau Gusung Kab Kepulauan Selayar. Pemasangan tanda batas ini dilakukan langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK, Dandim 1415 Selayar Letkol. Arm. Yuwono, S.Sos.MM, DanPos TNI serta didukung oleh Tim Diving dari POSSI Cabang Kepulauan Selayar.

Selain itu turut serta dalam rombongan Kadis Kelautan  dan Perikanan Ir Makkawaru,  Kabag Sumda Polres Kompol. Bustan, SH, Kapolsek Benteng AKP Ramli, RA, rombongan dari Humas Pemkab, anggota Polres Kepulauan Selayar,  anggota  Kodim, anggota  Polres PP, Dinas  Perikanan dan sejumlah insan pers.
Zona Wisata Perairan Pulau Gusung tersebut berada  di Desa  Bontolebang Kec. Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar yang adalah Kawasan  Perairan seluas 5 Hektar  dengan jarak 2,8 Mil  dari  Kota  Benteng. Zona wisata ini  ditetapkan sebagai kawasan wisata khusus diving  yang diprogramkan menjadi pusat lokasi pelatihan serta wisata diving yang diproyeksikan akan menjadi daya tarik wisata bahari  Kabupaten Kepulauan Selayar. 
Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dalam perjalanan menuju  Lokasi mengungkapkan bahwa Pelaksanaan program dengan sinergitas seperti ini diharapkan dapat terus dijalankan. Pemkab Kepulauan Selayar sangat mengapresiasi dukungan dari Polres Kepulauan Selayar,  Kodim dan TNI AL guna mengembangkan kepariwisataan sebagai program prioritas Pemerintah. Ia berharap agar kawasan zona Wisata ini selain sebagai objek wisata diving juga dapat digunakan sebagai objek penelitian Study dalam bidang perikanan dan  Kelautan . 

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK sebagai inisiator Zonasi Wisata ini menjelaskan bahwa pada dasarnya pihaknya hanya membantu Pemkab Kepulauan Selayar dalam hal mengembangkan Kepariwisataan yang merupakan sektor prioritas  Pembangunan  Selayar. Dengan potensi Keindahan terumbu karang dan aneka Biota laut kawasan ini diharapkan akan menjadi Destinasi Favorit bagi para penggiat dan penikmat Wisata Bahari dengan target pasar regional, nasional dan mancanegara. Lokasi yang relatif dekat dengan cost yang cukup terjangkau adalah merupakan salah satu kelebihan dari kawasan ini, disamping keindahan bawah laut yang tidak kalah indahnya dibanding spot diving lainnya. 

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan bahwa program ini akan tetap dievaluasi secara periodik, termasuk mengupayakan agar ada manfaat yang diperoleh langsung oleh Masyarakat sekitar. Salah satunya adalah dengan mengupayakan Pulau Gusung sebagai tempat stay transit sebelum para wisatawan menuju Zona Wisata, meski tentunya harus disiapkan fasilitas dan prasarana terlebih  dahulu. (As)

banner 468x60
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: