<

Selayarnews.com – Hari Bakti Perbendaharaan yang jatuh pada tanggal 14 Januari merupakan momen yang sangat penting bagi para pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan karena hari tersebut merupakan peringatan lahirnya kembali perbendaharaan di Indonesia.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh segenap insan perbendaharaan di seluruh Indonesia adalah melaksanakan program Perbendaharaan Menyapa yang bertajuk Treasury Goes to School. Program ini bertujuan mengedukasi generasi muda mengenai pentingnya peran perbendaharaan dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN.

Tak mau ketinggalan momen, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Benteng, turut serta mengadakan kegiatan Treasury Goes to School pada hari Rabu, tanggal 17 Januari 2018, di SMKN 1 Selayar (Sebelumnya bernama SMKN 1 Benteng).

Kegiatan pertama yang dilaksanakan di SMKN 1 Selayar adalah melakukan penanaman bibit pohon. Motif dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada para siswa mengenai program gerakan Go Green yang pada beberapa tahun ini seringkali ditekankan oleh Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

KPPN Benteng
Penanaman Pohon dalam rangka hari perbendaharaan nasional

Kegiatan berikutnya adalah edukasi Peran Ditjen Perbendaharaan dalam Pengelolaan APBN, kepada para siswa SMKN 1 Selayar. Pada kesempatan ini, Ikhwan Mahmud, yang menjabat sebagai Kepala KPPN Benteng, menyampaikan pengetahuan dasar mengenai Kementerian Keuangan, Unit-Unit yang ada di bawahnya termasuk Direktorat Jenderal Perbendaharaan, serta siklus APBN.

Puncak kegiatan Treasury Goes to School adalah pelaksanaan lomba cerdas cermat. Terdapat tiga tim yang merupakan perwakilan dari para siswa SMKN 1 Selayar. Pada lomba ini para peserta diuji pemahamannya mengenai materi yang sudah disampaikan sebelumnya oleh Kepala KPPN Benteng.

Lomba ini terdiri dari sesi pertanyaan wajib dan sesi pertanyaan rebutan. Pada akhir perlombaan, panitia membacakan total nilai dari masing-masing tim. Tiap tim memperoleh hadiah sesuai tingkatan juara dari KPPN Benteng sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme mereka dalam mempelajari ilmu perbendaharaan.

Di penghujung acara, pemberian buku-buku latihan soal menuju perguruan tinggi disampaikan oleh Kepala KPPN Benteng sebagai motivasi kepada para siswa SMKN 1 Selayar agar semakin giat belajar dan berlatih.

*****

Citizen Jurnalism

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here