Selayarnews.com – Menyambut tahun baru 2018, KPU Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan diskusi Outlook Demokrasi. Kegiatan ini mengambil tema “menakar Kesiapan KPU Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Penyelenggaraan Pilgub Sulsel 2018 dan Pemilu 2019”, 31/12/2017.

Bertempat di pelataran kantor KPU Kep. Selayar kegiatan dialog ini dipandu oleh Andi Irwan, S.Pd., M.Pd dan menghadirkan narasumber Wakil Bupati Selayar, DR. H. Zainuddin, SH., MH, Anggota DPRD Selayar, Ady Ansar, S.Hut,. M.M.Pub, dan Budayawan Rakhmat Zaenal, LC.


Sejumlah pimpinan partai politik, Perwakilan Tim Pemenangan Bakal Calon Perseorangan IYL-Cakka, penyelenggara Adhoc tingkat PPK, dan NGO yang ada di kabupaten kepulauan Selayar.

Dalam paparannya Wakil Bupati Kepulauan Selayar DR. H. Zainuddin, SH., MH menyampaikan bahwa dalam Pemilu, kualitas dan kuantitas kesiapan penyelenggaraan pemilu sangat menentukan berhasil tidaknya pelaksanaan pemilu.

Dr. Zainuddin juga menambahkan bahwa apresiasi perlu diberikan kepada KPU Kep. Selayar yang telah tampil sebagai penyelenggara terbaik di sulsel. adapun parameter sebuah keberhasilan pelaksanaan pemilu diantaranya adalah partisipasi pemilih yang tinggi, Pemilihan berlangsung atas azas Luber jujur dan adil, adanya kepastian hukum, berlangsung aman dan lancar, dan tidak mempermainkaan isu SARA untuk kepentingan politik.

Pada kesempatan berikutnya, Adi Ansar yang merupakan Anggota DPRD Selayar yang juga merupakan Ketua Partai Nasdem Selayar yang tampil sebagai narasumber kedua menyampaikan ” dalam politik hanya 2, yaitu menciptakan elit dan rotasi elit. ini yang mesti dipahami oleh seluruh praktisi politik”, kata Adi Ansar.

Acara diskusi ini ditutup pada pukul 00.00 Wita dan dilanjutkan dengan turnamen joker yg diikuti oleh penyelenggara adhock dan masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut. (R)