SANGGAR SENI TANADOANG BERI BANTUAN PERANGKAT ALAT MUSIK & KOSTUM UNTUK KOMUNITAS KUNTAW & MANCA’ PA’DANG BITOMBANG

SANGGAR SENI TANADOANG BERI BANTUAN PERANGKAT ALAT MUSIK & KOSTUM UNTUK KOMUNITAS KUNTAW & MANCA’ PA’DANG BITOMBANG

Selayarnews.com – Kuntaw dan manca’ Pa’dang adalah salah satu kesenian tradisional di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Jika menelisik sejarah, kesenian ini hampir mewarnai seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. Namun dalam perkembangannya Kesenian ini menjadi lebih terlihat dan terorganizir di Dusun Bitombang Kel. Bontobangun Kec. Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar dengan terbentuknya Komunitas Kuntaw dan Manca’ Pa’dang yang diketuai oleh Bapak Najir.

Komunitas ini sudah banyak tampil dalam beberapa kegiatan Pemerintah maupun masyarakat. Meski demikian untuk tampil memenuhi undangan Komunitas ini harus menyewa gendang, kostum dan perangkat lainnya untuk dapat tampil.

Kondisi ini mendorong Sanggar Seni Tanadoang (SSTD) untuk memberikan bantuan perangkat alat musik dan kostum terhadap Komunitas tersebut. Hal tersebut diungkapkan Supriadi  Wakil Ketua Sanggar Seni Tanadoang kepada Selayarnews.com (Senin 25/9/2017).

Lebih lanjut Supriadi menyebutkan bahwa penyerahan diserahkan langsung di Lingkungan Bitombang Kelurahan Bontobangung Kec. Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar pada Minggu 24/9 kemarin.

Penyerahan dilakukan oleh Pengurus SSTD dan diterima oleh Ketua Komunitas Kuntaw dan Manca Pa’dang dengan disaksikan pemerintah setempat serta puluhan Anggota Komunitas.

” Bantuan seperangkat alat musik dan kostum adalah salah satu bentuk kepedulian Sanggar Seni Tanadoang Kepulauan Selayar terhadap penggiat dan pelestari kesenian tradisional “Komunitas Kuntaw & Manca’ Pa’dang Tana Toa Bitombang, dengan harapan tetap melestarikan apa yang nenek moyang titipkan kepada kita, kelak akan menjadi harta terindah bagi kita semua”, Jelas Andi Musliadi, Salah satu Anggota SSTD.

Pada kesempatan ini SSTD menyerahkan perangkat musik berupa Gendang satu pasang, Gong satu buah, stand dan stik, kannong kannong satu pasang bersama stiknya  dan kostum dan jas tutup 14 Pasang.

*****

As

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: