Sengketa Pulau Kakabia Berujung di MK, Begini Penjelasan Bupati Kepulauan Selayar

0

Buton Selatan Klaim Pulau Kakabia Yang Milik Pemkab Kepulauan Selayar

Selayarnews.com – Proses sengketa pulau Kakabia antara Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Buton Selatan hari ini memasuki sidang pendahuluan di Mahkamah Konstitusi.

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahulaun untuk memeriksa pokok perkara dan kelengkapan berkas pemohon. (Kamis 29/03/2018).

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali bersama Ketua DPRD Kepulauan Selayar, beberapa kepala OPD didampingi kuasa hukumnya mengikuti persidangan ini di Mahkamah Kontitusi.

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali menyampaikan bahwa gugatan di MK ini dilakukan setelah proses komunikasi dan mediasi antara provinsi Sulawesi Selatan dengan Sulawesi tenggara maupun Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Pemerintahan Buton Selatan.

“Jadi yang kita gugat di MK itu bukan permendagri tentang pembentukan Kabupaten Buton Selatan tapi penetapan batas wilayah Kabupaten Buton Selatan yang mengambil wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar” Terang Basli Ali.

“Hasil persidangan pendahuluan hari ini Mahkamah meminta memperbaiki materi gugatan sampai tanggal 11 April, setelah itu baru diagendakan lagi untuk persidangan selanjutnya” Ujar Basli.

“Saya berharap dukungan dan doa seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar agarkita bisa memenangkan persidangan di Mahkamah Konstitusi sehingga pulau Kakabia tidak lagi di klaim Kabupaten Buton Selatan” Harap Basli Ali.

Pulau Kakabia merupak salah satu pulau terluar kabupaten Kepulauan Selayar dan masuk wilayah kecamatan Pasilambena.

Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan hanya dihuni koloni burung yang unik.

Dipulau ini juga terdapat patok tanda batas daerah terluar provinsi Sulawesi Selatan.

****

DA