​Meriah, Penamatan PAUD Gugus 1 Benteng

By: On:
​Meriah, Penamatan PAUD Gugus 1 Benteng

Selayarnews.com – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gugus 1 Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan Penamatan. Kegiatan ini berlangsung di Baruga Bonerate, Pukul 09.00 Wita Pagi ini, Kamis, 4 Mei 2017.
Beberapa Taman Kanak Kanak (TK) yang tergabung dalam Gugus 1 ini adalah TK. Babussalam, TK Melati Bonea, TK. Annida, TK Alwahdah, TK Negeri 1 pertiwi Benteng, TK Masalahat, TK. Alqadri, TK. Annida, dan TK Kemala Bhayangkari.

Penamatan PAUD Terpadu ini mengambil tema “Dengan semangat kebersamaan kita hasilkan lulusan yang unggul berkarakter menuju generasi emas dalam menyongsong masa depan yang gemilang”.

Dalam sambutan Ketua Panitia yang dibacakan oleh ibu St. Aisya menyampaikan jumlah peserta didik yang mengikuti penamatan massal kali ini adalah Beberapa Taman Kanak Kanak (TK) yang tergabung dalam Gugus 1 ini adalah TK. Babussalam sebanyak 16 anak, TK Melati Bonea sebanyak 17 anak, TK. Annida 28 Anak, TK Alwahdah 12 anak, TK Negeri 1 Benteng sebanyak 43 anak, TK Masalahat sebanyak 17 anak, TK. Alqadri sebanyak 8 anak, TK. Kemala Bhayangkari sebanyak 43 orang, TK Annida 28 orang, TK Aisyiah Benteng sebanyak 54 orang.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mustakim, S.Pd., M.Pd serta beberapa undangan lainnya seperti Bapak Saiful Arif, SH dan Drs. Muh. Yahya dari Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam sambutannya, Drs. Mustakim selaku Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar menyampaikan ada perbedaan dalam penamatan PAUD dengan penamatan pendidikan ditingkatan lainnya. Di Tingkat TK, Penamatannya bisa tumpah ruah yang hadiri karena ada dua hal yang ingin dilihat, pertama sampai sejauh mana keterampilan dan pendidikan yang telah di miliki oleh anaknya, kedua merupakan evaluasi untuk para pembina di TK dalam memberikan pendidikan dan keterampilan bagi peserta didiknya”, ujar Mustakim.

Lebih lanjut Mustakim menyampaikan pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik disekolah. untuk itu pembina di sekolah dapat lebih kreatif dan profesional dalam menanamkan pendidikan dan keterampilan di sekolah. Dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Selayar tahun ini melalui Dinas Pendidikan Nasional dan Kebudayaan menganggarkan 5 Miliar untuk perlengkapan sekolah seperti baju sekolah merah putih, baju pramuka, sepatu, alat tulis menulis dan lainnya bagi siswa yang baru masuk sekolah dengan cacatan harus memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu Dari Desa Atau Kelurahan. Kedepan Mustakim berharap agar tidak ada lagi alasan ada anak yang tidak sekolah karena keterbatasan dana sekolah.

Ratusan orang tua peserta didik hadir dalam acara ini, peserta didik menampilkan berbagai seni seperti tarian, senam maumere dari peserta didik TK Neg 1 Benteng. tampil membacakan ayat suci alquran adalah adik Naila Fadhila dari TK. Islam Terpadu Annida dan aneka tarian lainnya, penyampaian sambutan dari Orang tua Peserta didik oleh Hendra Rifai, S.Hut.

Putri Azalea Ayasha, salah satu peserta didik dari TK. Neg. 1 Benteng yang ikut dalam penamatan ini mengaku senang bisa tampil dengan Tarian Alosi Ripolo Dua di acara ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Acara ini dilakukan juga penyerahan STTB secara simbolik dan penyerahan kenang kenangan bagi peserta didik yang berprestasi. (K)

%d blogger menyukai ini: