4 Tim Masuk babak Semifinal Kompetisi Debat Demokrasi, ini nama nama sekolahnya

0

Selayarnews.com – Kompetisi Debat Demokrasi Antar Siswa SMA/SMK/MA Sederajat se Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung tertib dan memuaskan. Sejak pagi sampai pukul 17.30 WITA, sebanyak 18 Tim bertarung memperebutkan tiket masuk sebagai Tim terbaik dalam kompetisi ini.

Setelah melakukan penilaian atas penampilan dari seluruh tim yang menjadi peserta, Dewan juri yang diketuai Drs. Abdullah dan beranggotakan Drs. A. Bahrun. L., M.H, Hj. Andi Daeng, S.Sos., M.H, Andre Suardi dan M. Karyadin ini akhirnya setelah melewati proses pengakumulasian nilai maka Tim yang dinyatakan berhak masuk dalam babak Semi final adalah Tim A dari SMA Negeri 1 Selayar dengan skor 425, Tim A dari SMK Negeri 1 Selayar dengan nilai 400, Peringkat 3 bersama dari Tim A SMK Negeri 5 Selayardengan skor 396 serta TIM A Madrasah Aliyah Negeri Selayar dengan skor 396.

Dewan juri pasca pengumuman tersebut kemudian menggelar technical meeting dengan para peserta dan guru pembimbing dari tim yang masuk semi final untuk melakukan undian atas penentuan Tim Pro dan Tim Kontra serta penentuan sesi/pool.

Dari hasil mengundian, untuk Sesi pertama SMA Negeri 1 Selayar dan SMK Negeri 1 Selayar akan bertemu dalam sesi awal kompetisi yang dimulai pukul 13.00 Wita dan sesi kedua adalah MAN Selayar dan SMKN 5 Selayar.

Saenal Abidin, S. Sos selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan “atas pertimbangan dewan juri, guru pembimbing, dan Komisioner KPU kep. Selayar, Panitia Pelaksana harus memindahkan lokasi kegiatan ke Gedung PKK Jl. Muh. Karaeng Bonto Benteng, besok (26/04/2018) dan dimulai pukul 13.00 Wita. Para Tim dapat membawa supporter maksimal 20 orang per tim untuk menjaga kelancaran jalannya kegiatan debat tersebut”, kata Saenal Abidin yang juga Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Kepulauan Selayar.

Sejumlah guru yang dimintai tanggapannya terkait pelaksanaan kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini sudah sangat bagus, KPU sangat terbuka dengan masukan dari kami sebagai pihak peserta kegiatan.

Salah seorang Guru Pendamping Muh. Afdhal yang turut mendampingi salah satu sekolah yang menjadi peserta dalam kegiatan ini mengatakan agar kiranya kedepan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan bukan hanya lembaga KPU saja. “Kita berharap kedepan instansi pemerintah yang lain juga bisa melaksanakan kegiatan kegiatan serupa yang melibatkan siswa dan siswi agar kemampuan siswa juga disekolah diasah dengan baik lewat kompetisi kompetisi terbuka semacam ini:, kata Muh. Afdhal.

Kompetisi Debat demokrasi antar Siswa SMA/SMK/MAN Sederajat Se Kabupaten kepulauan Selayar ini akan berlangsung dari tanggal 25 – 27 April 2018. Kegiatan ini akan menyeleksi siswa yang dapat mewakili Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Kompetisi Debat Demokrasi yang akan diselenggarakan KPU Provinsi Sulawesi Selatan tanggal 5 Mei 2018 mendatang. (R)