5 Kegiatan Wisata di Pulau Selayar

0

Selayarnews.com – Kamu tahu ada gugusan Pulau sangat indah dan terkenal dengan hamparan pasir yang putih di Sulawesi Selatan? Ya ada. Pulau indah itu bernama Pulau Selayar. Masih sangat jarang wisatawan yang mengetahui destinasi wisata di Pulau Selayar. Oleh karena itu ayo jelajah Indonesia. Kita kupas destinasi kita kali ini dengan mengetahui 5 Kegiatan Wisata di Pulau Selayar.

1. Menjelajahi Pulau Selayar

6916231-white-sand-beachPulau Selayar adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Di pulau ini terdapat ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu Kota Benteng dan beberapa Kecamatan antara lain Kecamatan Benteng, Kecamatan Bontoharu, Kecamatan Bontomanai, Kecamatan Bontomatene, Kecamatan Bontosikuyu dan Kecamatan Buki. Sarana transportasi dari luar yang paling dekat adalah Pelabuhan penyeberangan Pamatata yang terletak di desaPamatata, kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. Bandar udara terdekat dan satu-satunya yang ada di pulau Selayar adalah Bandar Udara H. Aroeppala terletak di dusun Padang, desa Bontosunggu, kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menurut website Indonesia.Travel Pulau Selayar memiliki panjang 80 kilometer dan merupakan pintu gerbang menuju keindahan Taman Nasional Taka Bonerate. Bagian pantai barat dan utara adalah berupa bebatuan yang cadas dan terjal, sementara pantai timur dan sebagian pantai selatan berupa pantai yang landai dan berupa area hutan produksi serta perkebunan rakyat

Surga tropis terpencil ini menawarkan sejumlah pantai berpasir putih yang indah. Pantai Baloiya membentang sekira 3 kilometer. Dari pantai tersebut Anda bisa menyaksikan hewan endemik yaitu Tarsius serta ada pula celeng yang sedang bermain di antara dedaunan lebat di dalam hutan.

Keistimewaan lain Pulau Selayar yaitu hampir semua suku, etnis, agama dan budaya yang ada di sulawesi ada di pulau ini. Suku Makassar, Bugis, Mandar, yang merupakan suku besar yang mendiami hampir seluruh daratan sulawesi juga ada disini. Yang menarik bahwa masing-masing etnis tidak ada yang mayoritas semua mencerminkan adat dan budaya masing-masing. Bahkan dalam perkembangannnya telah terjadi evolusi budaya yang kemudian membuat satu adat istiadat ini menjadi adat Selayar. hal lain adalah dari segi bahasa, Bahasa Selayar bukan bahasa makassar, bukan juga bahasa Bugis, ataupun Mandar akan tetapi jika kemudian dicermati bahwa bahasa Selayar adalah gabungan dari bahasa-bahasa tersebut.

2. Mengunjungi Taman Nasional Laut Taka Bonerate

selamUntuk dapat mengunjungi Taman Nasional Laut Taka Bonerate, kamu bisa melalui Pulau Selayar. Taman Nasional Laut Taka Bonerate memiliki keindahan di bawah lautnya tersimpan warna-warni terumbu karang, spons raksasa, hingga beraneka ragam jenis ikan seperti duyung, tuna, penyu dan pari manta. Selayar terdiri dari 21 pulau dan atol, dimana Taka Bonerate merupakan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa. Salah satu destinasi wisata yang amat populer di Taman Nasional Taka Bonerate adalah Pulau Tinabo.

Pulau Tinabo merupakan pusat wisata bahari Taman Nasional Laut Taka Bonerate. Pulau Tinabo memiliki substrat pasir pantai berwarna putih dengan topografi daratan yang landai antara 0-2 meter dan vegetasi darat dominan berupa tanaman kelapa, santigi, ketapang, rumput-rumputan, dan perdu-perduan. Keindahan keanekaragaman bawah laut dan keindahan alamnya yang memukau, serta lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk bisingnya kota menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke pulau ini.

Aktivitas utama yang dapat dilakukan pengunjung adalah diving, snorkeling, dan canoing. Selain itu, para pengunjung dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset di pantai berpasir putih atau sekedar berjemur sambil memandang indahnya panorama alam sekitar. Fasilitas yang tersedia cukup memadai, mulai dari fasilitas penginapan, dive center yang cukup lengkap, serta fasilitas lainnya yang mendukung aktivitas wisata bahari.

3. Menyelam di Sekitar Pulau Selayar

Scuba Diver swims through tropical fish on coral reef
Scuba Diver swims through tropical fish on coral reef

Bagi masyarakat setempat pulau ini menjadi mutiara yang harus dijaga karena bisa mengundang wisatawan lokal dan mancanegara untuk snorkeling dan diving. Tempat yang cukup populer untuk snorkeling dan diving ada di Selayar Island Resort. Tempat ini juga punya Dive Center yang menawarkan kursus diving bersertifikat. Spot yang ditawarkan sangat menawan. Kalau kamu memang masih amatir di dunia snorkeling, kamu bisa ikut kursus. Namun kalau kamu sudah mahir, kamu akan diajak menuju ke spot menantang yang akan menambah pengalamanmu mengeksplorasi suasana bawah laut di Pulau Selayar.

Karena titik penyelaman di Pulau Selayar cukup menantang dan sedikit ekstrim, ada baiknya kamu sudah punya sertifikat penyelaman sehingga kamu bisa beradaptasi dengan kondisi bawah laut di titik penyelaman. Namun buat para pemula, kamu bisa menikmat pesona bawah laut di Pantai Barat Selayar. Penyelaman di Selayar dapat dilakukan di kawasan Pantai Timur dan kawasan Pantai Barat. Khusus kawasan Pantai Timur dibagi menjadi dua bagian, Utara dan Selatan dimana dibagian utara ada 11 spot penyelaman dan dibagian selatan 15 spot penyelaman. Sedangkan di kawasan pantai barat , terdapat 10 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi selama mengikuti 5 Kegiatan Wisata di Pulau Selayar

4. Berlayar mengelilingi Pulau-Pulau

Beaches & Islands Beautiful Wallpapers
Beaches & Islands Beautiful Wallpapers

Pulau Lantigiang berada kira-kira sekitar 15 menit dari pulau Jinato, dekat dari Jinato kita sudah bisa melihat Pulau Lantigiang luar biasa indahnya. Secara administratif Pulau Latigiang ini masuk dalam pemerintahan Desa Jinato, Pulaunya tidak didiami oleh masyarakat alias pulau kosong, pasirnya putih seperti tepung, airnya jernih dan asyik untuk bersnorkel, luasnya kira-kira 10 Hektar. Untuk mengelilingi pulau kecil ini hanya membutuhkan waktu 15- 30 menit.

Tempat ini sangat cocok untuk berkemah dimana kalau sore kita bisa melihat sunset, malam akan melihat taburan bintang di angkasa, dan tentunya pagi kita akan melihat indahnya sunrise dan jika beruntung akan melihat sahabat laut kita Si Penyu bertelur. Berwisata ke pulau ini dijamin akan menghilangkan stres, pulau ini serasa milik pribadi dan jika pencinta olah raga bawah air, tidak jauh dari pulau Lantigiang itu ada spot menyelam yang sangat indah, yaitu Jinato Wall Paradise.

Pulau Tinabo. Seiring waktu semakin menawan dan semakin menampakkan wajah cantiknya.. semakin banyak pula tempat yang menarik dan unik ditemukan seperti tak ada habisnya. Sekarang kita bisa melihat “pasukan” anak Hiu jenis Black Tip yang berlalu lalang di depan pantai Guest House setiap harinya dan yang paling membuat terheran-heran adalah jumlahnya lebih 30 ekor bermain-main sepanjang pantai barat pulau ini, dan tentunya tidak dikolamkan apa lagi diikat, mereka hidup liar, hanya dengan mengobok-obokkan tangan atau kaki di bibir pantai maka mereka akan menghampiri.. Hiu anakan tersebut bermain dengan asyiknya mengejar ikan-ikan kecil, hidup bebas dan menjadi predator tertinggi dilautan.

5. Berjumpa dengan flora dan fauna khas

pariKawasan kepulauan Selayar hingga Taman Nasional laut Taka Bonerate memiliki keunggulan di wisata baharinya. Tiap titik penyelaman memang unik dan punya karakter berbeda. Misalnya, di pantai bagian barat cenderung landai dengan aneka satwa seperti siput laut dan terkadang hiu melintasi titik penyelaman ini. Sementara di pantai bagian barat banyak dilihat penyu, ikan duyung atau dugong, dan ikan pari raksasa yang sering terlihat pada bulan Juli. Sedangkan di titik penyelaman Takabonerate sangat terkenal dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan koral dengan bentuk dan warna lucu dan menarik. Adapun hewan endemik yang ada di Pulau Selayar salah satunya adalah Tarcius. Hewan imut nan lucu tersebut dapat kita jumpai di pepohonan yang rindang.

#Ayo Ke Selayar