Timnas Indonesia.
Timnas Indonesia.

Selayarnews.com – Pelatih kepala Timnas Indonesia, Alfred Riedl sedang menghadapi situasi yang rumit dalam mempersiapkan tim Garuda menuju Piala AFF akhir tahun mendatang. Karena PSSI sampai saat ini belum bisa memberi kepastian mengenai lawan-lawan uji coba untuk timnas.

Riedl sejatinya menginginkan Timnas Indonesia menggelar 4 atau 5 laga uji coba sebelum turun di Piala AFF. Namun sampai saat ini timnas baru mendapat satu lawan uji coba, yakni melawan musuh bebuyutan, Malaysia.

“Kami mengalami situasi yang sangat sulit. Untuk mematangkan strategi, timnas butuh 4 sampai 5 laga uji coba internasional. Tapi ini mustahil untuk dilakukan, kami sulit mendapat lawan ujicoba,” kata asisten pelatih timnas, Wolfgang Pikal.

Menurut Pikal, tidak ideal jika para pemain timnas nantinya hanya mendapat jam terbang di komeptisi TSC A 2016. Karena kompetisi dan pertandingan internasional mempunyai atmosfer yang berbeda.

“Level permainan jelas berbeda, tekanannya juga beda. Karena mereka hanya bermain untuk klub di TSC, tidak sebagai satu kesatuan tim yang lengkap,” lanjutnya.

Disisi lain, Riedl menginginkan agar Timnas Indonesia mendapat lawan ujicoba yang memiliki gaya permainan hampir sama dengan pesaing lainnya di Piala AFF.

“Tapi itu (mendapat lawan dengan gaya permainan hampir sama) sangat mustahil. Tak banyak waktu kosong untuk menggelar uji coba, mereka juga sudah punya agenda uji coba sendiri yang tak bisa diganggu,” kata Riedl.