Balai Taman Nasional Taka Bonerate Gelar Peningkatan Kapasitas Kelompok Model Desa Konservasi

Balai Taman Nasional Taka Bonerate Gelar Peningkatan Kapasitas Kelompok Model Desa Konservasi

Selayarnews.com – Setelah dibentuk tahun 2016, kelompok MDK terus berbenah. Tahun ini kedua desa percontohan Model Desa Konservasi (Rajuni dan Jinato) kembali melakukan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok MDK (Model Desa Konservasi). Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Desa Rajuni dan kali ini kembali dilaksanakan di Desa Jinato, TN. Taka Bonerate.

Bertempat di kantor Seksi Pengelolaan Wilayah II Jinato, kegiatan peningkatan kelompok MDK Jinato Marannu ini dibuka oleh Kepala SPTN Wil.II Jinato bapak Abd.Rajab, S. TP, MP dan diikuti sebanyak 30 orang anggota MDK Jinato Marannu. Beliau juga menyampaikan kedepan diharapkan masyarakat kelompok MDK Jinato Marannu mampu mandiri dalam pengelolaan Wisata di daerahnya.

MDK Jinato Marannu yang terdiri dari 5 divisi (Homestay, Seni budaya, Kepemanduan, Cinderamata dan Kuliner). Kegiatan peningkatan kapasitas tahun ini juga merupakan rangkaian master plan yang dirancang untuk 5 tahun dengan target penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas bidang/divisi Cinderamata. Dan sesuai program rencana kerja melakukan kegiatan pembahasan AD/ART, Rancangan Rencana Aksi dan Peningkatan Kapasitas di devisi Cinderamata.

Hadir sebagai Pemateri antara lain Pembahasan AD/ART oleh : Dadang Herman, A. Md (Polhut TNTBR) Rancangan Rencana Aksi Devisi oleh Imam Talkah, S. Pi(Penyuluh Kehutanan TNTBR) , Pengantar Prodak Kerajinan Tangan oleh Asri (PEH TNTBR) dan Pengemasan Prodak Kerajinan Tangan oleh Wahyuddin, SS (Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman eks Dinas Pariwisata Kep. Selayar).

****

Citizen Reporter

Asri

Balai Taman Nasional Taka Bonerate

banner 468x60
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: