Berorganisasi itu ???

By: On:
Berorganisasi itu ???

Oleh : Fadli Nur

Selayarnews.com – Pengertian organisasi adalah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Organisasi biasanya memanfaatkan suatu sumber daya tertentu misalnya lingkungan, cara atau metode, material, mesin, uang, dan beberapa sumberdaya lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut. Orang orang yang terkumpul dalam sebuah organisasi sepakat untuk mencapai tujuan tertentu melalui sumber daya secara sistematis dan rasional yang terkendali dan adanya pemimpin organisasi yang akan memimpin operasional organisasi dengan terencana.

Bentuk-bentuk organisasi pun beragam ada organisasi politik, sosial, mahasiswa, olahraga, sekolah maupun negara.

mahasiswa atau disebut juga dengan “agent of change” ( agen perubahan ) karenanya mahasiswa dituntut untuk selalu aktif dan bersuara dimana pun dan kapan pun mereka berada. Oleh sebab itu harusnya memiliki keterkaitan dari setiap individu agar memiliki pemikiran- pemikiran yang dapat mensejahterakan suatu keadaan sehingga dapat mengatasi di setiap permasalahan-permasalahan yang ada dan membawa perubahan yang kita inginkan.

Yang menjadi banyak pertanyaan di benak orang-orang terutama para mahasiswa, Pentingkah mengikuti organisasi bagi mahasiswa ?Manfaat apa yang bisa didapat dengan mengikuti organisasi tersebut ?dan seperti apa pengaruh organisasi tersebut terhadap cara belajar mahasiswa itu ? Itu semua tergantung dari individu mahasiswa tersebut, karena setiap individu alasan mereka tidak selamanya sejalan, mengikuti/tidak mengikuti organisasi yang ada di kampus maupun kelembagaan lainnya. Baik efek positif dan negatifnya pasti berbeda dari setiap mahasiswa yang mengikuti organisasi.

Fungsi organisasi secara umum.

1. Fungsi organisasi yang pertama adalah untuk memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh organisasi.

2. Fungsi organisasi yang kedua yaitu dapat meningkatkan kemampuan anggota organisasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan masyarakat.

3. Fungsi organisasi yang berikutnya adalah dapat memberikan pengetahuan yang baru kepada anggotanya.

Hal-hal yang akan seseorang  dapatkan dengan berorganisasi adalah :

Pengalaman

Meningkatkan kemampuan public speaking

Melatih jiwa kepemimpinan seseorang

Dapat melatih seseorang untuk berinteraksi dengan berbagai karakteristik yang berbeda-beda

Memperluas wawasan pengetahuan seseorang

Memperluas pergaulan sesorang

Dengan ini penulis mengajak agar semua mahasiswa terlibat dalam organisasi ataupun kelembagaan lainnya yang tersistematis dan rasional. Sehingga apa yang ingin diraih kedepan baik untuk lembaga maupun untuk individu itu sendiri dapat terlaksana dan tercapai dengan baik dan membawa perubahan di lingkungan maupun ke tingkat yang lebih diatasnya dari seseorang itu tinggal tentunya kearah yang lebih baik pula. Sukses dapat diraih sesorang dengan mengantongi dalam dirinya ke-enam poin diatas disertai dengan berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

%d blogger menyukai ini: