Dara & Daeng harus Menjadi Tauladan Generasi Milenial

0

Selayarnews.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar event pemilihan Dara dan Daeng Tahun 2018, yang digelar Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (10/3/2018) malam.

Terdaftar 48 peserta yang dinyatakan lolos seleksi setelah melalui beberapa tahapan yang dilaksanakan sebelumnya, dan dinyatakan berhak mengikuti pemilihan Dara dan Daeng.

Para peserta ini terdiri dari para siswa siswi SMA, anggota sanggar seni, dan komunitas seni yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara untuk kriteria penilaian lomba adalah dinilai dari segi pengetahuan umum, keserasian berbusana, penampilan, kepribadian, tata rias wajah dan rambut.

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Ir. H. Arfang Arief, mewakili Bupati Kepulauan Selayar membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Membacakan sambutan tertulis Bupati Kepulauan Selayar, Asisten Ekbangkes mengemukakan para dara dan daeng yang terpilih nanti harus mampu memahami filosofi kata Dara dan Daeng.  “Bukan hanya memahami tapi mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka harus menjadi contoh bagi generasi mileneal, atau dengan kata lain mereka akan menjadi tauladan bagi generasi jaman now,” kata Arfang Arief.

Lanjut Arfang Arief, bahwa pemilihan Dara dan Daeng merupakan suatu prosesi pencarian putra putri terbaik Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya di bidang pariwisata, seni dan budaya yang berbasis nilai keagamaan dan kultural yang berpotensi dikembangkan menjadi duta pariwisata regional dan nasional.

“Saya berharap kepada peserta yang menang maupun yang kalah agar tetap bersinergi menjadi duta pariwisata untuk Selayar kita. Sebarkan ke seluruh pelosok negeri maupun dunia, bahwa Selayar adalah tanah harapan tanah tempat berdoa yang sangat layak untuk dikunjungi karena keindahan alam dan keramahan masyarakatnya,” tutur Arfang Arief.

Kegiatan pemilihan Dara dan Daeng ini berlangsung meriah, terlebih para finalis yang lolos seleksi melakukan parade di depan segenap undangan.  Hadir Katua TP PKK Kabupaten Kepulauan Selayar Andi Dwiyanti Musrifah Basli bersama Katua DWP Hj. Asniar Marjani, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD serta undangan lainnya. (FIRMAN)