Selayarnews.com- Pemerintah Desa Patilereng menjalin kerjasama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI ) Cabang Kepulauan Selayar. Kerjasama tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Patilereng dalam hal upaya Perlindungan, Pengawasan dan rehabilitasi Laut Kawasan Pantai Punagaang.

Pelatihan tersebut digelar mulai 15 Desember 2017 yang dilaksanakan langsung di Lokasi wisata Punagaan. Adapun pelatihan – Pelatihan yang digelar antara lain Water Resque, Pembersihan dasar laut dan transplantasi Karang. Selain itu juga diberikan penyuluhan tentang mekanisme pengawasan kegiatan Ilegal Fishing di Kawasan Pantai Punagaang dan Pantai Timur secara umum.

Pelatihan Pengawasan dan Rehabilitasi Laut Kawasan Wisata Punagaang

Kepala Desa Patilereng Saharuddin Arif mengungkapkan bahwa Kegiatan pelatihan pengelolaan Kawasan Pariwisata Desa Patilereng tahun 2017 ini merupakan Program Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Ada beberapa  Pelatihan Pokmaswas  antara lain Pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan air, pendampingan snorkel dan diving, bersih dasar laut, serta pembuatan rangka transplantasi karang”, Kata Saharuddin Arif.

Lebih lanjut Beliau mengungkapkan bahwa, mengingat banyaknya kerusakan terumbu karang maka program rehabilitasi ekosistem laut dan budidaya karang bagi masyarakat desa tetap diprogramkan dan ditingkatkan pada Tahun 2018 mendatang. Orogram tersebut tidak hanya menfandalkan Dana Desa yang terbatas, lebih dari itu Pemdes Patilereng akan bermohon dan berharap bantuan dari kementrian Desa dan PDTT.

As