Dirjen Konservasi SDA Kementerian Lingkungan Hidup Kunjungi Pausramabosa

Dirjen Konservasi SDA Kementerian Lingkungan Hidup Kunjungi Pausramabosa

Selayarnews.com – Kementerianan Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengunjungi  kawasan pelestarian Speedboad KM. Pausramabosa di Pelabuhan Benteng, Jl. Ahmad Yani No 22. Benteng,
kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, (Sulsel) Minggu (19/11/2017).

Kapal Speedboad KM Pausramabosa
digunakan untuk kerja, mengangkut perbekalan, Patroli kawasan. Patroli pendidikan lingkungan mahasiswa atau masyarakat dan  traveling  menuju  pulau Selayar.

Kunjungan tersebut di dampingi Kepala balai Taman Nasional Taka Bonerate  Jusman, Wakapolres  Selayar Syamsuddin Palulu.

Adapun tamu yang hadir Ketua Komite Nasional Program MAB UNESCO Indonesia Enny Sudarmonowati, Kepala Balai Besar KSDA Sul-Sel Dody Wahyu.

DirJend Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno, mengatakan Taman Nasional Taka Bonerate sebagai cagar biosfir, akan berbeda dengan cagar biosfir lain nanti pengelolaanya harus  melibatkan  daerah penyangga,  daerah pengembangan desa-desa.

“Misalnya melestarikan taman Nasional Taka Bonerate, Taman Nasional Indonesia,  untuk kepentingan masyarakat dan dilindungi untuk kepentingan generasi yang akan datang,” ujar Wiratno.

“Cagar biosfer sistem pengelolaannya multi pihak  bersama Pemerintah Daerah, masyarakat, perguruan tinggi setempat,  peneliti untuk memberikan  manfaat   atau mengengetahui manfaat  terumbu karang,” tambah Wiratno.

“Misalnya teluk karang di taman wisata  diteliti  sebagai pengobatan anti kanker. Jadi  banyak manfaat bawa laut yang belum diketahui oleh masyarakat,” lanjut Wiratno.

Kunjungan ini masih rangkaian dari kegiatan pertemuan oleh forum kolaborasi cagarbiosfer Indonesia yang mana Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi tuan rumah.

*****

Fb

 

%d blogger menyukai ini: