Dukung Program Pariwisata, Pemerintah Desa Buki Timur Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Dukung Program Pariwisata, Pemerintah Desa Buki Timur Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Selayarnews.com – Sebagai upaya untuk mendukung program pembangunan pemerintah dibidang Pariwisata, Pemerintah Desa Buki Timur menggelar pelatihan pemberdayaan masyarakat.

Pelatihan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan Pemerintah Desa Buki Timur berupa pembuatan souvenir dan kerajinan yang diolah dari pakis hutan (nentu) digabung dengan akar pohon.

Untuk menjalankan program ini Pemerintah menggandeng Eco Natural untuk berkolaborasi memberikan pelatihan dan membantu dalam hal pemasaran.

Hamzah dari Eco Natural memberikan pelatihan pembuatan souvenir seperti Bosara, Tempat Tissu dan Tempat Air Gelas menggunakan bahan baku dari alam yaitu pohon pakis hutan digabung dengan akar pohon sehingga bernilai jual dan laku dipasaran.

Para peserta pelatihan pemberdayaan masyarakat Desa Buki Timur

Kepala Desa Buki Timur Nur Kamar menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Desa Buki Timur sebagai pusat kerajinan dalam mendukung progran Pariwisata Pemerintah Kabupaten.

“Secara Geografis Wilayah desa Buki Timur cukup tersedia kekayaan alam yang dapat diolah menjadi suatu produk yang bernilai Ekonomis. Hanya karena keterbatasan pengetahuan dan skill yang kita miliki sehingga tidak dapat memberi nilai tambah dalam peningkatan kesejahteraan hidup” Ungkap Nur Kamar dalam sambutannya.

Nur Kamar berharap dengan adanya kegiatan ini para masyarakat Desa Buki Timur bisa memiliki sumber penghasilan baru dan anggaran yang diberikan pemerintah Desa tidak terbuang sia sia tapi memiliki manfaat yang bisa dirasakan masyarakat.

“Saya mengajak kepada semua peserta khususnya masyarakat Desa Buki Timur untuk sama sama berjuang menjadikan Desa Buki Timur sebagai desa wisata kerajinan/anyaman” Tutup Nur Kamar.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari di Desa Buki Timur diikuti oleh 25 orang peserta.

Founder Eco Natural Ziaulhaq Nawawi berjanji akan membantu pembinaan dan pemasaran hasil kerajinan masyarakat Desa Buki Timur.

Produk kerajinan masyarakan Desa Buki Timur

****

DA

 

%d blogger menyukai ini: