Selayarnews.com – Rombongan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) minggu pagi (13/8/2017) mengeksplorasi sejumlah tempat wisata di Kepulauan Selayar bersama beberapa guide dari Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sesuai agenda, rombongan HMPI mengunjungi Kampung Tua Bitombang. Pandangan rombongan seperti terhipnotis pada deretan rumah di sisi kiri dan kanan yang berdiri kokoh. Hanya jalanan beton yang memisahkan. Bahkan rumah warga ada yang berdiri setinggi 20 meter dan penyangganya terbuat dari kayu. Sangat tradisional. Kebanyakan rumah warga berusia di atas 100 tahun.

Rombongan kemudian melanjutkan trip bahari ke Pantai Liang Kareta, pantai eksotis yang membuat rombongan merasa berada di pantai milik sendiri karena lokasinya yang cukup jauh dari rumah penduduk. Pasir putih dan air jernih adalah hal yang pasti jika berkunjung ke pantai ini.

Lalu perjalanan lanjut ke Kampung Penyu. Sunset di sini juga hal yang spesial yang dimiliki Kampung Penyu. Meski pasirnya tidak putih, namun pantai ini juga menjadi primadona tersendiri bagi pengunjung. Terlebih wisatawan juga bisa ikut berpartisipasi dalam penangkaran penyu dengan cara ikut mengadopsi dan melepas penyu ke laut. Bagi wisatawan lokal dikenakan biaya Rp 25 ribu, sedangkan bagi wisatawan mancanegara Rp 50 ribu.

Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Sunari. Pantai yang belakangan menjadi lokasi akhir pekan wisatawan yang banyak dikunjungi. Kebetulan yang beruntung, rombongan berkunjung ke Pantai Sunari saat Festival Kuliner Sunari masih berlangsung. Suguhan makanan khas Kepulauan Selayar bisa memanjakan lidah rombongan sesuai pilihan.

Kawasan Wisata Kuliner adalah lokasi terakhir yang dikunjungi rombongan untuk santap malam. Sajian nasi santan dan seafood menjadi penutup perjalanan rombongan.

Sementara Nur Inrawati, S. Ap., Kasi pengembangan Event Wisata Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa rombongan sangat puas dengan kunjungan ke sejumlah tempat pariwisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Mereka sangat puas dengan kunjungan dan fasilitas yang diberikan. Bahkan mereka berencana datang kembali untuk bisa merasakan keindahan Pulau Tinabo sebagai ikon Kepulauan Selayar yang memang dalam kunjungan mereka kali ini belum bisa masuk dalam list spot karena terbatasnya waktu mereka. Tapi saya juga berharap dengan fasilitas maksimal yang sudah diberikan kepada rombongan, ada feed back yang bisa diraih. Misalnya next mereka datang kembali dengan membawa rombongan ke Kepulauan Selayar murni dengan tujuan wisata, benar-benar ingin menghabiskan waktu libur dan budget yang mereka sudah siapkan lebih awal. Jadi terbantu juga dengan meningkatnya pendapatan daerah kita,” jelas Nur Inrawati.

Turut mendampingi dalam trip eksplor rombongan adalah Kasubag Pemberitaan Humas Protokoler Setda Kepulauan Selayar Mursalim, S. Sos dan para guide senior Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Reporter : Dianika Ariatami
Editor : Firman
Fotographer : Kamaruddin