Ikatan Alumni Bontomatene (IKABOMA) Adakan Reuni Akbar Di Pa’badilan

0
IKABOMA

Selayarnews.com – Ikatan Alumni SMP dan SMA Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar (IKA BOMA) akan mengadakan reuni akbar alumni di pantai Pa’badilang tanggal 9 Juli, 2016. Reuni Akbar Kali ini adalah reuni akbar pertama setelah kurang lebih tujuh tahun sempat diwacanakan oleh alumni. Reuni Akbar IKA BOMA kali ini mengusung tema; Membangun Persaudaraan dan Kebersamaan dalam Bingkai Silutrrahmi. Tema ini menajadi pilihan tentunya tidak diputuskan begitu saja, sebelumnya ada dua belas tema kegiatan yang sempat diajukan oleh panitia. Dengan pertimbangan bahwa kegiatan reuni kali ini visinya adalah mempertemukan “sahabat lama” sehingga rasa persaudaraan itu tidak terkikis habis dan lebih subur. Kalau persaudaraan dan kebersamaan kita kuat, silaturahmi dibangun insya Allah alumni bisa memberikan banyak kontribusi untuk almamater dan daerah, tambah ketua IKA BOMA.

Keputusan untuk mengadakan kegiatan reuni akbar ini bulat setelah alumni SMAN 1 Bontomatene yang tergabung dalam kegiatan Silaturrahmi Alumni SMAN 1 Bontomatene (14/02/2016) di Makassar merekomendasikan untuk mengadakan kegiatan reuni akbar tersebut. Hingga pada akhirnya Sabtu, 4 Juni, 2016, alumni dari berbagai angkatan diundang guna membicarakan persiapan kegiatan termasuk membicarakan tempat pelaksanaan kegiatan dan struktur kepanitian.

Pada awalnya ada dua opsi tempat yang mengemuka dalam rapat pembahasan kegiatan tersebut, SMAN 1 Bontomatene dan Pantai Pabadilang. Diskusinyapun lumayan alot sebelum sampai pada kesimpulan untuk memilih pantai Pabadilang Selayar. Bahkan sampai sekarang masih banyak komentar yang mempertanyakan kenapa Pantai Pabadilang dipilih, bukan sekolah. Menurutnya pertimbangan ini merupakan hasil muafakat yang menjadi kesepakatan mayoritas peserta rapat, pantai pabadilang memiliki aula yang lebih luas sehingga bisa menampung lebih banyak alumni dan sekaligus bisa hemat dana, plus adanya kegiatan outbound yang bisa diadakan di pinggir pantai, dan pertimbangan lainnya yaitu kebanyakan alumni yang dari perantauan bisa sekaligus rekreasi setelah acara reuni selesai.

Menurut ketua IKA BOMA, reuni kali ini sebagai reuni akbar pertama yang melibatkan alumni SMA Bontomatene ataupun alumni SMP yang kebetulan tidak melanjutkan pendidikan di SMA Bontomatene. Reuni IKA BOMA mungkin reuni yang tergolong unik karena melibatkan beberapa sekolah, tapi kembali pada latar belakang dan semangat kegiatan ini “persaudaraan dan kekeluargaan”, jangan sampai teman-teman kita  semasa SMP yang kebetulan tidak lanjut di SMA Bontomatene mempengaruhi kualitas rasa persaudaraan dan kekeluargaan. Paket kegiatan akan dikemas lebih santai dan lebih sederhana dimana para peserta nanti akan duduk melantai, untuk konsumsinya nanti prasamanan yang menyajikan masakan-masakan ala Selayar.  Acaranya dikemas santai, tidak terlalu formal karena dalam kegiatan kali ini kita berharap bisa kembali menghadirkan suasana “ngumpul-ngumpul” teman angkatan yang biasa dilakukan semasa sekolah dulu dimana kita ngobrol santai bersama, bakar-bakar ikan, berenang dan main-main di pantai sebagai tempat wisata utama kita di Selayar. Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan ini selain temu kangen adalah: donasi buku, games dan outbound, penampilam musik akustik, dan ada juga pembagian door prize. Sumber pendanaan utama dalam kegiatan ini adalah dari donasi alumni, untuk itu panitia kembali mengharapkan partisipasi alumni dalam bentuk donasi dana guna mensukseskan kegiatan tersebut.