Kelurahan Putabangun Juara III Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel

Kelurahan Putabangun Juara III Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel

Selayarnews.com – Kelurahan Putabangun Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar menyabet juara III dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017. Kelurahan Putabangun terpaut setelah Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Kota Makassar sebagai juara I, dan Kelurahan Ujung Sabbang Kecamatan Ujung Kota Madya Pare-Pare sebagai juara II.

Terkait dengan prestasi Kelurahan Putabangun, Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Selayar Andi Dwiyanti Musrifah Basli yang juga adalah Ketua Forum Kabupaten Sehat menyampaikan bahwa prestasi ini sangat wajar untuk diraih, bahkan bisa dimungkinkan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

“Ada beberapa pertimbangan yang dimiliki oleh Kelurahan Putabangun diantaranya kelurahan ini salah satu Kelurahn ODF (Open Defecation Free) atau kelurahan yang warganya tdk ada lagi yang buang hajat di tempat terbuka atau disembarang tempat, 100% wargax sudah buang hajat di WC atau di jamban keluarga,” kata Andi Dwiyanti Musrifah Basli.

Selain itu Kelurahan Putabangun memiliki Pokja (Kelompok Kerja) kelurahan sehat yang pengurusnya sangat aktif melakukan sosialisasi atau kampanye kepada warga untuk senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat serta bagaimana mewujudkan kawasan pemukiman sehat. Hal ini antara lain bisa terlihat dengan jelas bersihnya lingkungan pemukiman masyarakat Kelurahan Putabangun, termasuk keaktifan ibu-ibu membawa anaknya ke Posyandu.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan masyarakat Kelurahan Putabangun, agar perlu meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah. Hal ini dalam rangka peningkatan raihan prestasi di masa-masa yang akan datang. Hal lain yang disarankan adalah peningkatan pengamanan ternak agar tidak ditemukan berkeliaran di kawasan pemukiman penduduk.

Menutup komentarnya, Andi Dwiyanti Musrifah Basli menyampaikan selamat dan sukses kepada pemerintah dan masyarakat Kelurahan Putabangun, semoga prestasi ini dapat ditingkatkan.

“Semoga pada lomba kelurahan tahun depan Kelurahan Putabangun mendapatkan juara I tingkat Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Andi Dwiyanti Musrifah Basli menutup komentarnya. (FIRMAN)

%d blogger menyukai ini: