Ketua Team Percepatan KEK Kemenpar Berkunjung Ke Selayar, Ini Tujuannya

0
Usulan KEK Selayar

Selayarnews.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Kepariwisataan melaksanakan Focus Group Discussion Fasilitasi Investasi Pariwisata bidang Destinasi Pariwisata Khusus bersama asisten Deputi Pariwisata Kementerian Pariwisata di Hotel Reyhan Jl.Jend Ahmad Yani Benteng Selayar (12/02/2018).

Hadir dala kegiatan ini Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali , Asisten Deputi Investasi Pariwisata Kemenpar Kamal Rimosan, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Azwir Malaon, Ketua Tim Percepetan KEK Baso Lewa, Kasubid pariwisata Kemenpar Andi manggala, Kepala TN. Takabonerate Ir. Jusman, Kepala BPN Puji Amin serta tamu undangan.

Asisten Deputi pariwisata Kemenpar Kamal RimosanĀ  dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pertemuan ini berawal dari surat Bupati selayar kepada menteri pasiwisata pada tanggal 28 Des 2017 dan 17 Jan 2018 dan itu Bupati meminta kesediaan waktu terkait dengan pembentukan tim kawasan KEK di selayar yang sudah di tetepkan keputusan Bupati No. 132 bulan maret 2017 dan kita hadir untuk mendiskusikan disini.

Dalam kesempatan ini juga Kamal Rimosan menyampaikan target target yang ingin diraih Kementerian Pariwisata di Tahun 2018.

“Kemenpar pada tahun 2018 menargetkan sektor pariwisata 5,25 persen, devisa 223 triliun, tenaga kerja 12,6 juta orang, dan wisata manca negara 17 juta orang, maka diperlukan strategi-strategi pariwisata dan Kemenpar juga berencana menciptakan 10 Bali baru dan ini membutuhkan dana besar. Pemerintah dalam mengembangkan Pariwisata di Indonesia mempunyai beberapa strategi yaitu memudahkan masuknya investor di Indonesia ,bebas visa terhadap 116 negara tahun 2016, memudahkan kedatangan kapal pesiar masuk indonesia” Papar Kamal Rimosan.

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Asisten Deputi Kemanpar dan rombongan ke Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Kabupaten Kepulauan Selayar menjadikan Rencana KEK sebagai salah satu dari 3 Program Strategis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, yaitu Kepulauan Selayar sebagai Pusat Distribusi Logistik (Barang dan Jasa ) Indonesia, Mewujudkan KEK Pariwisata dan Menjadikan Selayar sebagai kawasan Industri Perikanan terpadu. Semoga dengan kehadiran TIM dari Kemenpar dapat menjadi awal mewujudkan Program KEK Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar” Harap Basli

“Saya meminta kepada Ketua dan TIM TPP- KEK Pariwisata Kepulauan Selayar serta didukung instansi terkait untuk segera menyelesaikan kelengkapan Dokumen pengusulan KEK” Tegas Basli Ali.

FGD ini membahas Penyiapan dokumen Pengusulan KEK berdasarkan Peraturan Menko Perekonomian Selaku Ketua Dewan KEK Nomor Per-07/M.EKON /10/2011 Tentang Pedoman Pengusulan Pembentukan KEK diantaranya Pemenuha Kriteria Lokasi KEK dan dokumen Pengusulan KEK.

Adapun rencana Lokasi KEK seluas Kurang Lebih 1.155 HA berada di Kawasan Kecamatan Bontosikuyu Dengan batas Utara Dusun Tongke -tongke, Barat Laut, Selatan Desa Appatanah dan timur jalan Nasional.

*****

Da