<

Selayarnews.com – Sebanya 23 Orang Mahasiswa dari Korps Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Hasanuddin Makassar melakukan aksi bersih pantai di Kawasan konservasi Kampung Penyu Dusun Tulang Desa Barugaiya (Sabtu 25 November 2017).

Kegiatan aksi bersih pantai ini merupakan rangkaian kegiatan Dedikasi Akademik Korp Mahasiswa Pecinta Alam Unhas. Ratusan orang bergabung dalam aksi bersih pantai ini mulai dari Siswa SMA Negeri 8 Selayar, Warga Desa Barugaiya dan Mahasiswa Pecinta Alam.

Faiz yang merupakan koordinator kegiatan menyampaikan rangkaian kegiatan Dedikasi Akademik antara lain Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata, Aksi Bersih Pantai, Pengelolaan sampah plastik dengan metode Eco Break, Pemutaran Film Genre Lingkungan dan peremajaan fasilitas kampung penyu.

“Sengaja kita pilih Kampung Penyu Desa Barugaiya sebagai lokasi bakti sosial karena kampung penyu ini pengelolaanya yang masih bersifat swadaya masyarakat dan peran pemerintah hanya sebagai pendukung makanya perlu didorong kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan dan pariwisata berkelanjutan” ungkap Mahasiswa Perikanan Unhas ini.

“Besok rencananya kita akan membuat tanggul tanggul dari pasir untuk penahan abrasi pantai. Kita berharap pemerintah memberikan perhatian lebih untuk kampung penyu baik dari pembinaan maupun fasilitas” Tutup Faiz.

Sementara itu, Datu koordinator pengelola kampung penyu menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas perhatian Korpala Unhas untuk kampung penyu.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian dan kegiatan yang diadakan Korpala Unhas di kampung penyu. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa warga luar Selayar saja begitu perhatian untuk keberlangsungan ekosistem kampung penyu” Tutur Datu.

******

DA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here