Selayarnews.com – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 71 berbagai macam perlombaan dan seni digelar baik ditingkat kabupaten, Kecamatan sampai tingkat Desa Tanete.


Semarak HUT RI yang ke 71 ini juga dirayakan oleh Pemerintah Desa Tanete Kecamatan Bontomatene. Berbeda dengan perlombaan yang lain kali ini melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanete turut juga memperlombakan Barzanji antar dusun.


Barzanji adalah suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan dan maulid Nabi Muhammad SAW.


Ketua bidang keagamaan LPM Desa Tanete Pattawali, S.Ag kepada selayarnews.com mengatakan bahwa perlombaan Barzanji ini adalah salah satu upaya menjaga Kearifan lokal dan memperkenalkan Barzanji kepada Generasi Muda Desa Tanete sehingga ada Generasi penerus yang bisa membaca Barzanji ini.


“Saya Berharap kedepannya para pembaca Barzanji bukan lagi didominasi oleh orang tua, tapi para Pemuda yang muncul sebagai proses regenerasi sehingga Barzanji ini bisa terjaga” Ujar Pattawali, S.Ag.


LPM Desa Tanete mengangkat Tema “Melalui Kegiatan Olahraga dan Seni kita Bangkitlah semangat Generasi Muda dan Masyarakat mewujudkan kerja nyata” dengan kegiatan berpusat Di Gedung Serbaguna Desa Tanete. Antusiasme masyarakat menyaksikan kegiatan ini sangatlah luar biasa. (DA)