Masyarakat di Kecamatan Kepulauan Selayar Mudik Naik Kapal Kayu

0
Kecamatan Kepulauan Selayar
Suasana KLM Nurul Salsa Trip benteng-jampea yang disesaki Penumpang dan kendaraan

Selayarnews.com – Kerusakan KM Bontoharu pada bagian mesin dan baling-baling kapal saat melayari trip Bira-Pammatata mengakibatkan sejumlah alternative solusi diambil oleh pihak ASDP khususnya dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun ini. Salah satunya adalah menambah armada KM. Balibo dari Kupang untuk melayari Trip ini. Begitu pula KM. Sangke Pallangga yang sebelumnya melayari Trip Bira-Pattumbukang- Benteng Jampea-Labuang Bajo juga ikut diturunkan melayari trip Bira-Pamatata.
Akibatnya, sejumlah penumpang dari dan akan ke Kecamatan kepulauan di kabupaten kep. Selayar terpaksa harus berdesak desakan di atas kapal kayu.

Hingga berita ini diturunkan, ada sekitar 500 lebih penumpang yang hendak menuju Pulau jampea, namun hanya ada 2 kapal yang berangkat saat ini yaitu KLM Nurul Salsa dan KLM Terang Surya. Hal ini mengakibatkan Kapal menjadi over capacity, apalagi di saat kondisi cuaca yang tidak terlalu baik saat ini.

Dari informasi yang diperoleh dari Juragan Kapal KLM Nurul Salsa, Sultan mengatakan bahwa ini menjadi berkah tersendiri bagi pengusaha kapal kayu. Karena dengan adanya KM Sangke Pallangga yang beroperasi ke jampea menyebabkan pada hari hari biasa jumlah penumpang kapal sangat kurang. Dari Juragan Sultan juga diperoleh informasi bahwa KM Sangke Pallangga akan beroperasi kembali tanggal 29 Juni 2016 untuk trip Bira-Pattumbukang-Benteng Jampea-Labuang Bajo. (Fadel)