Selayarnews.com – Setelah sukses menggarap Myracle Night In Baloyya beberapa waktu lalu, Komunitas Pemerhati Seni Budaya yang ada di Kabupaten Kep Selayar bersama Masyarakat Dusun Tulang Desa Barugaiya akan mencoba menyelenggarakan sebuah Festival Kampung Budaya bertajuk “ATTOANA TU RI ERE”, bertempat di Kawasan Wisata Konservasi Penyu, Kampung Penyu di Dusun Tulang.
Misbah adalah koreografer dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa artinya “ATTOANA TU RI ERE” ritual persembahan untuk makhluk yang ada di air. Acara ini semata-mata mendekonstruksi legenda yang ada di masyarakat Dusun Tulang tentang adanya hubungan antara manusia dengan makhluk yang ada di dalam air. Sebuah peristiwa budaya partisipatif, berfungsi menguatkan kembali nilai-nilai kearifan lokal yang berdampak pada kohesi sosial untuk menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap lestari.

Sarbini  yang merupakan salah satu panitia pelaksana kegiatan ini ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ini diprakarsai oleh masyarakat Dusun Tulang Desa Barugayya berkolaborasi dengan para seniman yang peduli terhadap kebudayaan di Kepulauan Selayar, didukung oleh Sanggar Seni Tanadoang, Playlist Accoustic Band dan Sanggar Seni Al Farabi dari Bulukumba.  Ada banyak seni dan budaya yang akan ditampilkan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga disponsori oleh Bank Sulselbar Cabang Kepulauan Selayar.

Lokasi acara, bertempat di Dusun Tulang, Desa Barugaiya, Kec. Bontomanai; pada hari Senin, tanggal 11 Juli 2016, pukul 15.00 wita sampai selesai. (Rs)