Osis SMPN 6 Satap Taka Bonerate Gelar Lomba Menulis Puisi Antar Pelajar

0

Selayarnews.com – SMPN 6 SATAP Taka Bonerate (SMPN 40 Selayar) menggelar Lomba Mengarang Puisi Antar Pelajar Se-Kayuadi yang dilaksanakan oleh OSIS SMPN 6 SATAP Taka Bonerate.

Kegiatan yang bertema “Melalui Tulisan Kita Tingkatkan Kontribusi Untuk Negeri) merupakan kegiatan yang di inisiasi untuk menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-73”.

Lomba Mengarang kali ini pertama kali diadakan di daratan Pulau Kayuadi, sebuah pulau kecil padat pelajar di Kab. Kep. Selayar Provinsi Sulawesi Selatan dan mengundang SMPN 1 Taka Bonerate (SMPN 15 Selayar) dan SMAN 5 Selayar.

Lomba ini diikuti peserta dari SMPN 1 Taka Bonerate sebanyak 12 peserta dengan salah satu pembimbing Pak Sudarming dan Ibu Fika, SMPN 6 SATAP Taka Bonerate sebanyak 15 peserta dan SMAN 5 Selayar sebanyak 14 peserta dengan pembimbing Ibu Roslina. Sebuah kompetisi yang sangat memacu pengembangan kata seorang pujangga yang lahir dari pelajar-pelajar pulau.

Kompetesi ini pun berlangsung selama dua jam yang menguras pikiran dan energi para peserta terbukti peserta yang telah menyelesaikan puisinya banyak berhambutan menuju kantin.

Naskah puisi di seleksi menjadi 10 besar sebelum ada penentuan juara oleh juri yang berasal dari masing-masing pembimbing. Tepat sebelum pengumuman yang direncanakan jam 12 dewan juri yang berasal dari pembimbing memasuki ruang sekretariat untuk melakukan penilaian.

Panitia mempersiapkan hadiah berupa piala, sertifikat cetak dan bingkisan. Pembimbing lomba dari SMPN 1 Taka Bonerate terkesan dengan adanya kegiatan ini.

“Saya sangat berterima kasih telah diundang untuk berpartisipasi dan sangat antusias menyambut lomba ini karena dapat mengukur kemampuan para siswanya secara tidak sengaja” Ujar Fika

Smp 6 satap taka bonerate
Penyerahan hadiah kepada juara lomba cipta puisi

Hal senada disampaikan Roslina yang sangat bahagia dan mengapresiasi panitia karena dengan lomba seperti ini akan meningkatkan semangat kompetisi unik kedepannya, kata Beliau pada kesempan pemberian kesan dan pesan perwakilan SMAN 5 Selayar.

Dengan diawali juara tiga sampai juara satu maka keluarlah SMPN 1 Taka Bonerate mmendapatkan juara tiga dengan nomor peserta 031-02-01-02 atas nama Andi Milham Dan ternyata SMAN 5 Selayar harus puas membawa piala juara dua yang didapatkan oleh salah satu peserta perwakilan dengan nomor peserta 061-02-02-02 atas nama Ratna Sari. Tanpa disangka kejutan terjadi SMPN 6 SATAP Taka Bonerate dengan nomor peserta 08-01-01-03 atas nama Magfirah Sari membawa pulang juara satu. Suatu prestasi sebagai tuan rumah.

Magfirah, membawakan puisinya yang berjudul Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dengan penuh semangat menggebu dan Ratna dengan judul puisi Ibu membawakan penuh penghayatan sedangkan Milham yang membawakan puisi Pesona Indonesia dengan penuh Kekagumana pada negeri yang kaya ini.

Sebelum para peserta pulang mereka menyempatkan diri foto bersama dengan para juara andalan masing-masing sekolah.

“Sebuah kompetisi yang sangat bagus untuk dilaksanakan kedepannya untuk meningkatkan jiwa kompetisi dan skill dalam menulis” kata Erdin dalam sebuah kesempatan pada akhir sesi penutupan.

*****

DA