Pandangan Ketua KNPI Kepulauan Selayar Terhadap Pendidikan

0

Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018

Selayarnews.com – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Selayar, Azwar Ahmad mengatakan, Hari Pendidikan Nasional 2018 (Hardiknas) merupakan momentum untuk merenungkan pentingnya pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Azwar yg sering di panggil chua, mengemukakan, pendidikan sangat penting karena menjadi salah penentu masa depan generasi penerus bangsa. Selain, kata dia, pendidikan memberi pengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seseorang.

“Wajib bagi kita bangsa Indonesia untuk terus menimba ilmu, kapanpun dan di manapun tanpa mengenal usia, baik sekolah formal maupun informal,” katanya, Rabu (02/05/2018).

Azwar mengatakan, saat ini pendidikan masih memerlukan banyak perbaikan, utamanya sarana, prasarana dan kualitas tenaga pendidik. Hal itu, jelasnya, berpengaruh besar dalam melahirkan generasi-generasi pelanjut estafet kepemimpinan, yang unggul dan mumpuni.

“Peringatan Hardiknas bukan sekadar seremonial semata, namun di dalamnya adalah renungan untuk terus memperbaiki kualitas pendidikan dari waktu ke waktu, yang dibarengi dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya pendidikan,” ungkapnya.

Azwar juga mengatakan, kemajuan suatu bangsa dan negara, sangat ditentukan seberapa maju dunia pendidikannya. Tidak hanya itu, lanjutnya, juga harus dibarengi dengan kualitas pendidikan yang diperoleh. Oleh karena itu, menurutnya, yang paling penting sebagai upaya paling dasar adalah, semua bangsa Indonesia memperoleh haknya dalam mengenyam pendidikan.

“Jangan anggap sepele pendidikan! Kita harus memberikan perhatian yang lebih untuk pendidikan,” tandasnya.

*****

DA