Selayarnews.com – Jelang detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan RI, anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2017 dikukuhkan secara langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, di Lapangan Tenis Sapo Lohe Rujab Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (16/8/2017) malam.

Upacara pengukuhan dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., Ketua DPRD Ir. Arifin Dg. Marola, Sekkab Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si. bersama unsur Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, dan tamu lainnya.

Upacara pengukuhan Paskibra diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan pengantar pengukuhan dan ikrar putra Indonesia yang dipandu oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Ahmad Ansar, M. Si., dihadapan bendera merah putih yang disaksikan oleh tamu undangan.

Prosesi pengukuhan dilanjutkan dengan pemasangan kendit dan penyematan lambang lencana sebagai tanda pengukuhan kepada pemimpin upacara oleh Bupati Kepulauan Selayar.

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali menyematkan Lencana Pengukuhan

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa malam ini adalah malam bersejarah dalam perjalanan hidup pasukan Paskibra. Pengukuhan ini bermakna bahwa Pasukan Pengibar Bendera pusaka berjiwa kesatria, satunya kata dan perbuatan, bertanggung jawab serta rela berkorban untuk ibu pertiwi.

“Perjalanan hari ini membentuk anak – anak kita pada hari esok. Janganlah khawatir berlebihan. Berikanlah kepercayaan dan tantangan agar mereka sukses. Sebab rumput sekalipun kalau tak tembus matahari akan berubah menjadi tanah gundul,” tutup sambutan Bupati Kepulauan Selayar yang sarat makna.

Sekadar diketahui, anggota Paskibra yang dikukuhkan malam ini sebanyak 71 orang yang berasal dari berbagai Sekolah Lanjutan Menengah Atas yang ada di Kepulauan Selayar dan merupakan putra – putri terbaik yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui. Besok (17 Agustus), mereka akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke – 72 Republik Indonesia RI di Lapangan Pemuda Benteng.

****

Reporter : Dianika Ariatami
Foto : Satria Kusnadinata
Editor : Firman