Pelatihan Keterampilan Tenun digelar di Kecamatan Bontomatene

Pelatihan Keterampilan Tenun digelar di Kecamatan Bontomatene

Selayarnews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si membuka secara resmi pelatihan pengembangan kemampuan tenun bagi anggota Sentra Tannong Siring Kecamatan Bontomatene, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bontomatene, Rabu (22/11/2017).

Selain peserta, kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Perindagkum Drs. Hisbullah Kamaruddin, Camat Bontomatene Drs. Andi Massaile, para lurah dan kepala desa serta masyarakat Kecamatan Bontomatene.

Dalam sambutannya Sekda mengatakan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan yang besar dan strategis dalam perekonomian daerah dan nasional.

“UMKM bergerak diberbagai sektor dan tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, usahanya disesuaikan dengan sumber daya lokal yang tersedia,” kata Marjani Sultan.

Masih sambutan Sekda Kepulauan Selayar, bahwa dari berbagai kegiatan dan segala usaha yang selama ini digeluti oleh para pelaku UMKM memberikan suatu hal nyata bahwa UMKM menunjukkan perannya dalam perekonomian nasional maupun daerah.

Namun demikian kata Marjani Sultan, masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala baik yang bersifat internal maupun eksternal dalam hal produk dan pengolahan, pemasaran, SDM, design dan teknologi, permodalan serta iklim pemasaran.

Terkait dengan hal tersebut Sekda berharap dalam kegiatan pelatihan ini dapat menjadi wahana untuk melakukan evaluasi, sekaligus megantisipasi terjadinya bias pelaksanaan program yang dibiayai APBD.

“Selanjutnya hasil evaluasi dapat segera ditindaklanjuti dengan menjalankan berbagai tindakan dan langkah-langkah yang diperlukan guna memperbaiki kinerja pelaksanaan program,” kata Marjani Sultan.

Dalam pelatihan ini Sekda menyampaikan peran serta yang lebih aktif dari berbagai stakeholder sangat diperlukan dalam mendorong percepatan penciptaan kewirausahaan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan perhatian, bantuan dan masukan-masukan yang konstruktif dalam mewujudkan Selayar sejajar dengan dengan daerah lain di Indonesia,” lanjut Sekda Kepulauan Selayar.

*****

(Sukri/Kt2)

%d blogger menyukai ini: