received_120300000045141189Selayarnews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar bekerja sama dengan POSSI SULSEL tengah melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata Selam dari Kamis tanggal 21 Juli 1016 – hingga hari ini sabtu 23 Juli 2016, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan meningkatkan jumlah SDM dikepemanduan penyelaman, mengingat akan dilaksanakannya festival pesona Takabonerate September mendatang.

Ada 15 peserta dalam pelatihan ini, jumlah yang cukup banyak dan semoga dalam pelatihan ini bisa mencetak pemandu pemandu yg profesional.

Menanggapi hal ini, Andi Ridho selaku ketua POSSI PENGCAB Kepulauan Selayar merasa sangat senang dengan hal ini karena tercatat sekarang jumlah penyelam yang bersertifikat dari total lama 40 sekarang menjadi 55. Dari 55 penyelam bersertifikat ini tingkatannya berbeda, dari level Open Water hingga Asisten Instruktur. “Ketika ada event besar seperti Festifal Pesona Takabonerate, pemandu tidak akan susah lagi” hanya perlu koodinasi yang baik antara pemangku kepentingan dengan para penyelam yang juga terbagi bagi di setiap instansi pemerintahan, salah satunya ada penyelam yg bekerja di Dinas Pekerjaan Umum, ada yang di BAPPEDA dan yang di POL PP, Tuturnya.

Selain itu harapan ketua POSSI Pengcab Kepulauan Selayar untuk peserta yang mengikuti pelatihan ini tidak segan untuk bergabung dan aktif di penyelaman, karena selain sertifikat sebagai pemandu kita butuh pengalaman dan jam selam yang banyak untuk mengasah keterampilan.
Ketua POSSI Pengcab Selayar juga menyarankan untuk selalu memantau selam fundive atau latihan bersama teman teman yang tergabung dalam Sileya Scuba Diver, Tinabo Dive Center, Tempat Biasa, Selayar Diventure, Selayar Marine Dive, Selayar Island Resort, Taman Nasional Takabonerate, Badan Sar Nasional, Dinas Kelautan dan Perikanan maupun yang di Dinas Kebudayaan dan Periwisata. (Rd)