Pemkab Kepulauan Selayar Akan Garap Puncak Bontomarannu Menjadi Destinasi Wisata

Pemkab Kepulauan Selayar Akan Garap Puncak Bontomarannu Menjadi Destinasi Wisata

Selayarnews.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah menyiapkan progres dan perencanaan untuk pengembangan Sektor Pariwisata sebagai prioritas pembangunan di Bumi Tanadoang.

Salah satunya adalah Kawasan Puncak Selayar yang ada di Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar. Keindahan alam pegunungan, Cuaca, Pemandangan, historis dan sisi religius lokasi ini menjadikannya sangat layak untuk dikembangkan sebagai Destinasi Wisata.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kepariwisatawan Kabupaten Kepulauan Selayar Ince Rahim, S.Pd. MH. Senin 04/11 Kepada Selayarnews.com.

” Kita akan segera garap dan dalam waktu dekat akan kita tinjau untuk penentuan perencanaan yang tepat. Untuk pembangunan sektor Pariwisata sendiri, secara umum kita sudah mengidentifikasi ada lebih dari 100 Lokasi Potensial untuk dikembangkan sebagai Kawasan Wisata dan ini sudah kami Laporkan ke Pak Bupati. Untuk seluruh kabupaten kepulauan selayar terdapat 153 Lokasi Potensial destinasi wisata berdasarkan keputusan Bupati No 453/VII/2017 Tentang nama dan lokasi Destinasi pariwisata dikabupaten kepulauan selayar. Yang intinya Bupati Kepulauan Selayar telah memerintahkan agar segera dilakukan perencanaan untuk pembenahan Lokasi – lokasi tersebut” Jelas Ince Rahim, yang juga adalah Mantan Sekretaris Bappeda Selayar ini.

Lebih lanjut Ince Rahim mengapresiasi dukungan semua pihak untuk mendorong kemajuan Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar. Bahkan ia mengakui bahwa beberapa lokasi Potensial Destinasi di Kabupaten Kepulauan Selayar teridentifikasi atas peran serta masyarakat yang peduli dengan pengembangan Pariwisata.

Secara khusus Ince Rahim mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Kepulauan Selayar yang telah banyak membantu termasuk menunjukkan lokasi Potensi wisata yang menjanjikan dengan beberapa pertimbangan dan masukan yang dinilainya sangat berarti bagi Kemajuan Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan, S.IK sendiri mengungkapkan bahwa pada intinya baik secara pribadi maupun secara institusi, pihaknya hanya mendorong dan mengajak, memberikan sumbangsih dan masukan demi kemajuan Kabupaten Kepulauan Selayar.

” Saya hanya bertugas sementara di Selayar, mungkin cepat atau lambat saya akan segera pindah. Saya pendatang dan saya melihat potensi yang luar biasa di Tanadoang ini. Yang diperlukan hanya fokus dan bukti nyata, bukan hanya konsep tapi kerja nyata. Benahi secara bertahap satu demi satu, mulai dari Benteng, sudah itu baru kita keluar termasuk Gusung, Kawasan Puncak, Bahuluang, Barat Lambongan, Ngapaloka dan seterusnya, begitulah Bali mulai membangun Wisatanya yang saat ini telah menjadi Destinasi Nomor satu dunia. Mereka mulai membangun dari Denpasar, Kuta, Nusa Dua, baru ke Tanah Lot, Lembongan dan seterusnya. Saya hanya berharap ada yang bisa saya tinggalkan dan saya kenang tentang Selayar, jika nanti saya Pindah tugas ke daerah lain, saya berharap masih bisa menyaksikan Pariwisata daerah ini maju dan menjadi Favorit bagi Wisatawan manapun”, Jelas Eddy .

Kawasan Puncak sendiri memiliki keunggulan sebagai lokasi tertinggi di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dengan posisi tersebut kita dapat menyaksikan pemandangan ke segala arah. Lokasi ini juga tidak tergantung dengan musim dan memiliki latar belakang historis dan religius yang cukup menarik. Disini terdapat Masjid Tua Gantarang yang merupakan Masjid tertua dan merupakan peninggalan Kerajaan Islam Gantarang yang sangat berperan dalam sejarah Bumi Tanadoang.

****

As

%d blogger menyukai ini: