Pemkab Selayar-Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Teken MOU Diklat Gratis

0

Selayarnews.com- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar sepakat untuk mengadakan kerjasama penyelenggaraan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bagi nelayan dan pelaut tradisional kapal layar motor di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) antara Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Capt. Sugiyono, M.M.,Tr., M.Mar., dengan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin., S.H., M.H, di Villa Enza Appabatu Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Senin (13/8/2018).

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Capt. Sugiyono, M.M.,Tr., M.Mar., saat berbincang dengan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, mengemukakan tujuan diselenggarakan diklat pemberdayaan masyarakat ini agar para nelayan dan pelaut tradisional kapal layar motor di Kabupaten Kepulauan Selayar dapat meningkatkan pemahaman serta keterampilan dalam melaksanakan keselamatan pelayaran.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., berharap masyarakat dan pelaut tradisional dapat memperoleh pembekalan di bidang kelautan. Sehingga nantinya mereka punya modal bagaimana melaut dengan terampil, dengan tidak melakukan perbuatan yang ilegal.

“Saya juga berharap agar para nelayan dan pelaut kita nantinya dapat bersama-sama memerangi pelaku ilegal fishing yang kadang-kadang masih terjadi di daerah kita,” kata Wakil Bupati Kepulauan Selayar.

Wakil Bupati juga mengimbau agar dalam tataran implementasi diklat tersebut, supaya para nelayan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti diklat dengan sebaik-baiknya, terlebih kegiatan tersebut dilakukan secara gratis.

“Dengan dibukanya diklat ini, nelayan dan pelaut kita yang tadinya melaut dengan modal apa adanya, nantinya akan lebih produktif dibandingkan dengan kondisi sekarang,” jelasnya.

Hadir pada penandatangan MOU tersebut, para Asisten, Kadishub Kepulauan Selayar Andi Baso, S.H., M.H., Kabag. Humas dan Protokol Setda Kepulauan Selayar Sitti Rahmania, S.H., serta rombongan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. (MAN/As)