Pengukuran Tanah Tidak Transparan, Puluhan Warga Desa Lowa Geruduk DPRD Kepulauan Selayar

Pengukuran Tanah Tidak Transparan, Puluhan Warga Desa Lowa Geruduk DPRD Kepulauan Selayar

Selayarnews.com – Puluhan masyarakat Lowa, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, mendatangi kantor DPRD Kab. Kepulauan Selayar, Kamis (7/9/2017).

Puluhan warga tersebut menyoal terkait proses pengukuran tanah yang dilakukan oleh pihak pertanahan di wilayah desa Lowa yang diduga tidak transparan.

“Badan Pertanahan Nasional Kab. Kepulauan Selayar dalam proses pelaksanaan pengukuran tanah tidak disertai dengan Transparansi,” ungkap salah satu warga Desa Lowa, Ilmiawan yang juga merupakan pimpinan aksi.

Pihaknya juga melihat BPN terkesan sembunyi-sembunyi dalam melakukan pengukuran tanah. Pasalnya, tidak ada informasi yang jelas kepada masyarakat Lowa terkait pengukuran tanah itu.

“Mereka sepertinya saling melempar, tidak ada transparansi kepada masyarakat bahwa tanah mana saja yang akan diukur,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya meminta kepada DPRD Kab. Kepulauan Selayar sebagai lembaga yang mempunyai fungsi pengawasan untuk menegur pihak pertanahan sekaligus menghentikan proses pengukutan tanah yang sementara berjalan.

“Kami minta pihak pertanahan segera membatalkan proses pengukuran yang tidak sesuai dengan prosedural dan meminta hasilnya dipublis agara bisa diketahui,” pungkasnya.

Diketahui, berselang beberapa menit kemudian, puluhan warga tersebut diterima langsung oleh pimpinan DPRD Kepulauan Selayar, beserta jajaraj komisi I yang membidangi bagian pertanahan.

****

Harlin

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: