Pertama kalinya PMI Selayar ikut Kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional

0
Ir.H.Arfang Arif Foto bersama rombongan
Ir.H.Arfang Arif Foto bersama rombongan

Selayarnews.com – Jumpa, Bakti dan Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja Nasional merupakan kegiatan 5 (lima) tahunan sebagai sarana monitoring dan evaluasi pembinaan remaja Palang Merah Remaja sebagai agen pendidik remaja sebaya. Jumbara PMR Tingkat Nasional VIII tahun 2016, kali ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tonasa I dari tanggal 25 sampai 31 Juli 2016.

Selasa tanggal 26 Juli 2016 kegiatan secara resmi di buka oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia, turut hadir beberapa jumlah tokoh nasional yaitu Menteri Pendidikan Anis Baswedan dan Kepala Badan Narkotina Nasional Budi Waseso.
Jumbara kali diikuti sebanyak lebih 3 ribu peserta anggota Palang Merah Remaja dari 34 Provinsi di Nusantara dan 10 perwakilan luar negeri. PMI Kab. Kepulauan Selayar ikut mengutus peserta bergabung di Kontingen Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan sebanyak 3 orang peserta inti dan 6 org peserta Peninjau.

Sebagai organisasi kemanusiaan PMI tingkat Kabupaten yang dalam sejarahnya untuk pertama kalinya ikut kegiatan Tingkat Nasional setelah puluhan tahun vakum merupakan suatu kebanggaan dan kesempatan bagi generasi remaja untuk menumbuhkan karakter yang memiliki jiwa kemanusiaan, kepedulian dan persaudaraan.

Andi Nur Egidia Fahmi Ayu siswa anggota PMR dari SMKN 3 Benteng salah satu dari 3 perwakilan selayar bersaing dangan 50 org dari Kabupaten lainnya di Sulsel terpilih sebagai peserta Traveling Kepalangmerahan mewakili kontingen PMI Prov. Sulawesi Selatan. Untuk terpilih sebagai peserta Traveling Kepalangmerahan wajib menguasai 6 materi inti yaitu Pertolongan Pertama, Kesehatan Remaja, Donor Darah Sehat, Siaga Bencana, Remaja Sehat Peduli Sesama dan Sejarah Kepalangmerahan.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja cerdas mendidik generasi kepulauan selayar dengan aktifnya latihan rutin tentang kepalangmerahan baik dilaksanakan tiap sekolah maupun latihan gabungan.
Pada acara pembukaan hadir mewakili Bupati Kepulauan Selayar Asisten II Ir. H. ARFAN ARIF, sempat berpesan “selamat bertanding, jaga kesehatan, ini kesempatan baik buat kalian terlibat dalam kegiatan Nasional”. (Sumber. Ashaf Taufik)